Pilkada Serentak 2020

Cari Kandidat yang Direstui Prabowo, Gerindra Jatim Gelar Penjaringan Pilkada Awal November

”Rencananya, kami akan mulai (penjaringan) di akhir Oktober hingga awal November 2019,” kata Sadad, Jumat (4/9/2019).

Cari Kandidat yang Direstui Prabowo, Gerindra Jatim Gelar Penjaringan Pilkada Awal November
surabaya.tribunnews.com/Bobby Constantine Koloway
Anwar Sadad, Sekretaris DPD Gerindra Jatim 

SURYA.co.id | SURABAYA – Partai Gerindra bersiap menggelar penjaringan untuk pemilihan kepala daerah 2020 mendatang.

Hasil dari penjaringan tersebut akan menjadi bahan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo  Subianto, dalam memutuskan calon yang diusung.

Berdasarkan penjelasan Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah Gerindra Jawa Timur, Anwar Sadad, proses penjaringan akan dilaksanakan maksimal awal November 2019 mendatang.

”Rencananya, kami akan mulai (penjaringan) di akhir Oktober hingga awal November 2019,” kata Sadad, Jumat (4/9/2019).

Berbeda dengan sejumlah partai lain yang saat ini telah memulai penjaringan, Gerindra menurut Sadad tak terburu-buru. Saat ini, partainya masih fokus dalam menyelesaikan tahapan pemilu 2019.

Yakni, pelantikan anggota dewan hingga proses penyusunan Alat Kelengkapan Dewan (AKD). ”Kami tuntaskan satu-persatu terlebih dahulu proses di tiap pemilu, baik provinsi maupun kabupaten/kota. Selesai di Pemilu, kami beranjak ke Pilkada,” jelas Sadad yang juga Anggota Fraksi Gerindra di DPRD Jatim ini.

Di dalam melakukan proses penjaringan, Gerindra membuka peluang kepada seluruh kader partai politik. Meskipun demikian, pihaknya tak memungkiri akan memrioritaskan kader internal.

Sebab, dengan mengusung kader internal, rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) akan lebih mudah diterima. Di dalam mekanisme Gerindra, rekomendasi dari DPP diputuskan oleh Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

”Penentuan calon kepala daerah ada di tangan Dewan Pembina,” kata Sadad yang juga mantan Ketua Harian Badan Pemengan Jatim Prabowo-Sandi di pilpres lalu.

Terkait teknis penjaringan, seleksi calon kepala daerah akan dipusatkan di DPD Gerindra Jatim. Sekalipun demikian, tiap DPC kabupaten/kota dapat merekomendasikan nama yang diusung.

”Semuanya akan diusulkan dari bawah. Dari DPC, DPD, hingga DPP. Di DPP ada badan bernama Badan Seleksi Organisasi (Baleksi) yang ikut menyeleksi usulan dari daerah,” jelas Sadad.

Selain menerima usulan, DPD juga akan mengirim tim ke daerah. Tim ini akan berkoordinasi dengan DPC untuk memantau figur calon kepala daerah.

”Rencananya, juga akan ada tim yang diutus oleh DPD bersama DPC untuk bersama-sama melakukan penyaringan, evaluasi, sekaligus merekomendasikan nama-mana, yang kemudian akan diputuskan oleh Ketua Dewan Pembina,” urai Sadad yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Jatim ini.

Untuk diketahui, pada 2020 mendatang sebanyak 19 daerah dari total 38 kabupaten/kota di Jawa Timur akan menggelar pilkada. Di masing-masing daerah, Gerindra memiliki kursi DPRD sehingga berpeluang untuk ikut mengusung calon kepala daerah. 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved