Situs Kuno Sumberbeji di Jombang Akan Jadi Cagar Budaya

Situs kuno yang ditemukan di Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, bakal ditetapkan sebagai cagar budaya.

KOMPAS.com/MOH. SYAFIƍ
Penemuan baru di lokasi situs purbakala di Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. 

SURYA.co.id, JOMBANG - Pemerintah Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mendukung penuh upaya penyelamatan situs kuno yang ditemukan di Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

Temuan situs kuno tersebut selanjutnya akan ditetapkan sebagai cagar budaya Kabupaten.

Hal ini diungkapkan Bupati Jombang, Mundjidah Wahab usai menyaksikan pendandatangan berkas dan menerima laporan hasil survei penyelamatan Situs Sumberbeji oleh BPC Jatim di ruang Swagata Pendopo setempat, Rabu (7/8/2019).

“Kami akan menindaklanjuti hasil Survei Penyelamatan Situs Sumberbeji di Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, sebagaimana peraturan perundangan yang berlaku”, ujarnya.

Mundjidah Wahab menyambut positif temuan situs Sumberbeji tersebut. Bupati menilai temuan itu merupakan potensi banyak hal bagi Jombang.

Oleh karenanya, dia meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, agar dapat menangkap potensi yang ada dan menindaklanjuti temuan ini sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Penandatangan dan penyerahan berkas hasil survei penyelamatan situs peninggalan kuno di Sendang Sumberbeji, Ngoro, Jombang.
Penandatangan dan penyerahan berkas hasil survei penyelamatan situs peninggalan kuno di Sendang Sumberbeji, Ngoro, Jombang. (surabaya.tribunnews.com/sutono)

Menurut Mundjidah, kekayaan alam yang ada ini harus disyukuri dan terus dilestarikan.

“Kalau saat ini ditemukan situs di Sumberbeji ini, ada sumber airnya semoga memberikan manfaat bagi masyarakat. Mungkin ini bisa menjadi Potensi Pariwisata, Potensi BUMD untuk sumber mata airnya,” kata Bupati Mundjidah.

Bupati Mundjidah berharap situs ini terus dikaji, ditelaah terlebih dahulu bersama Tim Ahli. “Semoga temuan ini memberikan manfaat bagi Indonesia dan masyarakat Jombang khususnya”, tandasnya.

Penandatanganan dan penyerahan berkas itu sendiri merupakan syarat pemberkasan penetapan Cagar Budaya Peringkat Kabupaten.

Halaman
12
Penulis: Sutono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved