Berita Malang Raya

Awas, Ngebut di Tol Pandaan-Malang Siap-siap Keciduk Speed Gun

PT Jasa Marga Pandaan Malang telah menentukan ambang batas kecepatan bagi pengendara yang melintas di Tol Pandaan-Malang

Awas, Ngebut di Tol Pandaan-Malang Siap-siap Keciduk Speed Gun
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Ilustrasi speed gun 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Aminatus Sofya

SURYA.co.id | MALANG -
PT Jasa Marga Pandaan Malang telah menentukan ambang batas kecepatan bagi pengendara yang melintas di Tol Pandaan - Malang. Sebagai antisipasi pengendara membandel, polisi dengan speed gun siap menindak.

"Kecepatan minimum adalah 60 km/jam dan maksimum 80 km/jam. Polisi dengan speed gun berpatroli jika ada kendaraan yang memacu kendaraan di luar kecepatan itu," tutur Anggota BPJT Unsur Kementerian PUPR, Agita Widjajanto, Rabu (7/8/2019).

Ia menambahkan penentuan ambang batas kecepatan itu adalah hasil uji laik fungsi tol yang dilakukan oleh BPJT, Kementerian Perhubungan dan Korlantas Polri pada April lalu. Dengan memperhatikan bentang alam dan topografi, disepakati kecepatan maksimum di Tol Pandaan-Malang adalah 80 km/jam.

"Setiap tol itu beda-beda, ada yang 100 km/jam, ada yang 80 km/jam. Tapi di sini disepakati 80 km/jam," ucapnya.

Kasat PJR Polda Jawa Timur, AKBP Bambang S Wibowo menuturkan setidaknya ada tiga titik untuk memantau kecepatan pengendara menggunakan speed gun. Jika ada kendaraan yang dianggap melampaui ambang batas, speed gun bakal ditembakkan oleh petugas.

"Nanti bisa dibaca kecepatan mereka berapa. Mereka tidak bisa membantah. Karena pasti akurat," ujarnya.

Sejak speed gun beroperasi di Tol Pandaan-Malang, ada 434 pelanggaran yang terjadi. Rinciannya, bulan Juni 31 pelanggaran dan 403 pelanggaran pada bulan Juli.

"Naik drastis di Juli karena kita giatkan patroli," tutupnya.

Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved