Berita Kediri

Orangtua adalah Dokter Pertama Ketika Anak Sakit

Orangtua adalah dokter pertama ketika anaknya sakit. Sehingga orangtua harus cermat agar anaknya tumbuh kembang dengan sehat.

Orangtua adalah Dokter Pertama Ketika Anak Sakit
SURYA/Didik Mashudi
Dr Arifianto, Sp.A praktisi kesehatan anak nara sumber Seminar Orang Tua Cermat, Anak Sehat di Insumo Kediri Convention Center (IKCC ) Kota Kediri, Minggu (28/7/2019). 

SURYA.co.id | Kediri - Orangtua adalah dokter pertama ketika anaknya sakit. Sehingga orangtua harus cermat agar anaknya tumbuh kembang dengan sehat.

"Orangtua harus punya bekal bagaimana melakukan penanganan pertama ketika anaknya dalam kondisi sakit, begitu juga orangtua harus menentukan kapan anak harus dibawa ke dokter dan ini tidak bisa pakai perasaan saja," ungkap dr Arifianto, Sp.A praktisi kesehatan anak pada Seminar Orang Tua Cermat, Anak Sehat di Insumo Kediri Convention Center (IKCC ) Kota Kediri, Minggu (28/7/2019).

Dijelaskan dr Arifianto yang akrab disapa dr Apin, orangtua membawa anak ke dokter harus punya bekal ilmu terlebih dahulu dan tidak asal anak sakit dibawa ke dokter.

Dan ketika anak sakit harus dibawa ke dokter, maka dokter harus mampu menjelaskan apa diagnosisnya, terapinya dan apakah harus dirawat dan sebaliknya.

Dr Arifianto, Sp.A merupakan praktisi kesehatan anak dan juga penulis buku berjudul Orang Tua Cermat Anak Sehat, Pro Kontra Imunisasi dan Berteman dengan Deman.

Sementara Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar yang membuka acara seminar menjelaskan semua orangtua pasti ingin anak-anaknya tumbuh dengan sehat dan tidak asal atau salah dalam menelan obat ketika sakit.

“Kalau sakitnya tidak urgent, tidak perlu dibawa ke rumah sakit. Saya tidak ingin kalau mencari sehat diapa-apakan mau, harus tau dulu benar atau tidaknya informasi yang diterima. Sehingga tahu apa yang harus dilakukan ketika anak sedang sakit karena anak-anak kecil ini rawan sakit,” jelasnya.

Diharapkan, untuk ibu-ibu bisa merawat anaknya dengan baik dan bijak agar anak-anaknya bisa tumbuh dan berkembang dengan baik dan sempurna sehingga nanti bisa menjadi anak yang sukses, sholeh dan sholehah

“Saya titip pesan kepada para ibu-ibu PKK yang hadir di seminar ini terutama untuk pokja 4 PKK Kota Kediri, setelah mendapat ilmu dari seminar ini bisa mengedukasi ibu-ibu yang ada di Posyandu Kota Kediri,” harapnya. (dim)

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved