Psikologi

Bagaimana Cara Agar Anak Gemar Membaca? Ini Kata Pakarnya

Orangtua mana yang tidak senang apabila buah hatinya gemar membaca buku seperti Maudy Ayunda? Tapi bagaimana caranya agar anak gemar membaca?

Bagaimana Cara Agar Anak Gemar Membaca? Ini Kata Pakarnya
ist/parenthub
Ilustrasi 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Hefty's Suud

SURYA.co.id | SURABAYA - Orangtua mana yang tidak senang apabila buah hatinya memiliki kegemaran membaca buku seperti Maudy Ayunda?

Namun, rupanya mengajarkan anak agar senang membaca bukanlah hal mudah.

Lalu bagaimana cara agar anak gemar membaca

dr Pinansia Finska Poetri yang juga seorang montessori educator menuturkan, anak-anak memiliki fase belajarnya masing-masing.

Untuk mengajarkan anak membaca buku, tidak melulu dilakukan dengan meminta anak untuk duduk dan membaca buku sampai ceritanya selesai.

"Kalau anak kita usianya di bawah dua atau tiga tahun, biasanya itu adalah fase dimana ia belajar biaca. Jadi saat orangtua ingin dia tumbuh jadi pribadi yang gemar baca buku, targetnya jangan lansgung menyelesaikan cerita," papar dokter yang akrab disapa Pinan itu.

Dijelaskan Pinan, untuk membuat anak-anak gemar membaca, baiknya dilakukan secara step by step.

Untuk anak di bawah usia tiga tahun yang baru akan dikenalkan pada buku, targetkan supaya mereka mengenal dan tertarik dengan buku, terlebih dahulu.

"Caranya, orangtua tetep harus bacakan buku. Tapi, jangan paksa dia untuk mendengarkan cerita sampai habis, yang penting dia mengenal buku dulu, sekalian memperkaya kosakatanya," jelas Pinan.

Halaman
12
Penulis: Hefty's Suud
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved