Citizen Reporter

Hidroponik, Si Kecil Bernilai Besar Hasil Pengabdian Masyarakat Mahasiswa UKDC

“Si Kecil yang Bernilai Besar” beginilah anggota kelompok 2 FE UKDC Surabaya menyebut hasil karya pengabdian masyarakat mereka.

Hidroponik, Si Kecil Bernilai Besar Hasil Pengabdian Masyarakat Mahasiswa UKDC
ist/citizen reporter
Kegiatan pengabdian masyarakat mahasiswa Fakultas Ekonomi UKDC Surabaya di Kedung Baruk. 

SURYA.co.id - “Si Kecil yang Bernilai Besar”, begitilah anggota kelompok 2 Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC) Surabaya menyebut hasil karya Pengabdian Masyarakat mereka di kawasan Kedung Baruk, Surabaya.

Judul ini terinspirasi dari kegiatan dan seluruh perencanaan yang dibuat untuk membantu mengembangkan kreativitas, menambah penghasilan, dan membuat suatu kegiatan baru bagi warga RT 04/RW 03 Kedung Baruk. 

Program ini terinspirasi ketua RT setempat yang ingin menyalurkan kegiatan yang pernah dipelajarinya dari Pemerintah Kota tentang penanaman secara hidroponik.

Tetapi, karena kurangnya tenaga untuk melakukan sosialisasi, maka hal tersebut menjadi tertunda, hingga akhirnya mahasiswa UKDC datang dan menawarkan untuk bersama-sama menerapkan ide tersebut. 

Hidroponik sendiri adalah suatu cara penanaman konvensional yang sebenarnya sudah dikembangkan cukup lama dalam skala kecil dan sedang populer di kalangan pertanian saat ini.

Hidroponik merupakan cara penanaman tanpa tanah. Kegiatan ini biasanya dikembangkan sebagai hobi saja dikarenakan sistem tersebut sedikit lebih susah ketimbang menanam secara konvensional di tanah yang pengaturan pupuknya bisa dibilang lebih simpel.

Menanam secara hidoponik, pada dasarnya juga sama-sama memerlukan vitamin untuk tumbuhan. Vitamin ini dapat dibeli atau dibuat sendiri. 

Selain itu juga terdapat beberapa sistem penanaman. Namun di sana, yang diterapkan adalah sistem penanaman gantung atau wich. 

Mahasiswa UKDC Bantu Pembuatan Sumur di Taman Suroboyo Untuk Ringankan Perekonomian Warga

Mahasiswa FE UKDC Surabaya melakukan sosialisasi jelang pengabdian masyarakat di Kedung Baruk, Surabaya.
Mahasiswa FE UKDC Surabaya melakukan sosialisasi jelang pengabdian masyarakat di Kedung Baruk, Surabaya. (ist)

Penanaman Hidroponik dengan sistem gantung tidak memerlukan pengairan yang rumit, melainkan hanya perlu pengecekan secara berkala jika air tersebut habis atau sudah mulai jauh dari akar tanaman.

Akan tetapi sebelum tumbuhnya tanaman, perlu dilakukan penyemaian atau pembibitan terlebih dahulu.

Halaman
12
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved