Abu Bakar Baasyir Bebas

Jusuf Kalla Tanggapi Batalnya Ustadz Abu Bakar Baasyir Bebas : Saat-saat Akhir Ini Hidup Tenang Lah

Kabar batalnya Ustadz Abu Bakar Baasyir bebas cepat dari Lapas Gunung Sindur turut dikomentari Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla Tanggapi Batalnya Ustadz Abu Bakar Baasyir Bebas : Saat-saat Akhir Ini Hidup Tenang Lah
ANTARA
Jusuf Kalla Tanggapi Batalnya Ustadz Abu Bakar Baasyir Bebas : Saat-saat Akhir Ini Hidup Tenang Lah 

SURYA.co.id | JAKARTA - Kabar batalnya Ustadz Abu Bakar Baasyir bebas cepat dari Lapas Gunung Sindur turut dikomentari Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla mengaku tak tahu kepastian persisnya terpidana kasus terorisme, Ustadz Abu Bakar Baasyir dibebaskan.

"Bisa saja dikaji ulang, kapan-kapan, bisa besok, bisa lusa, bisa kapan," kata Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (22/1/2019).

Terpidana Abu Bakar Ba'asyir di Lapas Gunungsindur Bogor. Abu Bakar Baasyir Bersyukur Segera Bebas, Yursil Ungkap Jokowi Tak Kriminalisasi Ulama
Terpidana Abu Bakar Ba'asyir di Lapas Gunungsindur Bogor. Abu Bakar Baasyir Bersyukur Segera Bebas, Yursil Ungkap Jokowi Tak Kriminalisasi Ulama (TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy)

Reaksi Najwa Shihab Ditolak Kubu Prabowo-Sandi Jadi Moderator Debat Pilpres 2019 karena Tak Netral

Fakta-Fakta Ustadz Abu Bakar Baasyir Batal Bebas Cepat, Ini Permintaan Jokowi yang Harus Dipenuhi

Tanggapan Pakde Karwo soal Wabup Trenggalek Hilang karena Isu Tekanan Politik Emil soal Penggantinya

Jusuf Kalla hanya mengetahui, syarat menandatangani surat setia pada NKRI dan Pancasila harus dilakukan, berdasarkan aturan yang tertuang pada Pasal 84 Permenkumham 3/2018 terkait pedoman bebas bersyarat.

"Ya hanya kemanusiaan karena itu sakit umur 80 tahun kemudian kesehatan juga. Tapi harus dikaji aspek hukumnya dan ketersediaan beliau untuk memenuhi syarat-syarat yang ditentukan seperti taat kepada NKRI. Itu syarat-syarat yang biasa saja sebetulnya," jelas dia.

Lebih lanjut ia mengatakan, pemerintah semata-mata beralasan kemanusiaan untuk memberikan pembebasan pada pria berusia 81 tahun itu.

Sejauh ini dirinya belum melihat adanya pertimbangan terkait keamanan.

"Pak Baasyir sudah 8 tahun di penjara. Tidak apa-apa jadi bukan soal takut, tapi kemanusiaan supaya beliau di saat-saat akhir ini hidup tenang lah," kata Jusuf Kalla.

Editor: Iksan Fauzi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved