Rumah Politik Jatim

Tanggapan Pakde Karwo soal Wabup Trenggalek Hilang karena Isu Tekanan Politik Emil soal Penggantinya

Gubernur Jatim, Soekarwo menanggapi kabar Wabup Trenggalek Muhammad Nur Arifin hilang karena isu tekanan penunjukkan wabup pengganti Emil Dardak.

Tanggapan Pakde Karwo soal Wabup Trenggalek Hilang karena Isu Tekanan Politik Emil soal Penggantinya
SURYA.co.id/Aqwamit Torik
Wakil Bupati Trenggalek, Gus Ipin. Tanggapan Pakde Karwo soal Wabup Trenggalek Hilang karena Isu Tekanan Politik Emil soal Penggantinya 

SURYA.co.id | SURABAYA - Gubernur Jatim, Soekarwo menanggapi kabar Wabup Trenggalek Muhammad Nur Arifin ( Gus Ipin) hilang karena isu tekanan penunjukkan wabup pengganti Emil Dardak.

Seperti diketahui, Bupati Trenggalek, Emil Dardak sebentar lagi akan dilantik menjadi Wakil Gubernur Jatim. Pada Pilgub Jatim 2018, Emil Dardak yang mendampingi Khofifah Indar Parawansa berhasil mengalahkan Saifullah Yusuf-Putih.

Karena Emil Dardak bakal menjabat Wakil Gubernur Jatim, Gus Ipin bakal menggantikannya sebagai Bupati Trenggalek. Sedangkan posisi wakil bupati akan diisi oleh partai pengusung Emil Dardak-Gus Ipin pada Pilbup Trenggalek 2015 lalu.

Wabup Trenggalek Gus Ipin Hadiri Forum Internasional di London, Forum Apakah ini?

Sempat Dikabarkan Hilang, Wabup Trenggalek Hadir di Istighosah Kubro Bersama KH Maruf Amin

Menanggapi isu tersebut, Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo mengungkapkan hal itu terlalu jauh karena pelantikan Bupati Trenggalek, Emil Dardak sebagai Wagub Jatim masih belum dilaksanakan.

"Dan Wabup kan sudah diatur, kalau yang mengusulkan itu partai pengusung, jadi belum ada wacana seperti itu," kata Pakde Karwo, Selasa (22/1/2019).

Terlepas dari isu tersebut, menurut Pakde Karwo apa pun alasannya harusnya Gus Ipin tetap izin jika bepergian keluar dari Trenggalek.

Karena telah melanggar UU no 23 tahun 2014 Pasal 77, Pakde Karwo pun memberikan surat teguran kepada Gus Ipin.

Orang nomor satu di Jatim itu juga mengimbau kepada kepala daerah yang lain agar izin terlebih dahulu jika ingin bepergian ke luar wilayah yang dipimpinnya.

"Semua akan berlaku aturan hukum seperti itu, sesuai dengan sumpah nya dan sesuai peraturan perundang-undangan kalau dia pergi harus ada izin. Kemudian kalau pergi itu karena ada tugas negara, kalau bukan tugas negara pun ya tetap izin, harus menggunakan belanja pribadi dan aturan yang lain," ucapnya.

Sementara itu, sehari setelah ramai pemberitaan Gus Ipin selaku Wabup Trenggalek hilang, ternyata dia hadir di acara Istighosah dan Ijazah Kubro di Stadion Menak Sopal Trenggalek, Jalan Soekarno-Hatta, Selasa (22/1/2019) pagi.

Halaman
1234
Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved