Pilpres 2019

Jokowi-KH Maruf Amin Berkoko Putih dan Peci Hitam di Surat Suara Pilpres 2019, Ini Maknanya

Tim Kampanye Nasional (TKN) capres-cawapres Joko Widodo-KH Maruf Amin telah memilih foto yang akan dipakai di surat suara di Pilpres 2019.

Tribunnews/Jeprima
Petugas KPU saat menunjukkan contoh surat suara pemilu 2019 di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Senin (10/12/2018). Pemilu 2019 akan berbeda dari pemilu-pemilu sebelumnya. Hal itu karena pemilihan legislatif digelar serentak dengan pemilihan presiden. Maka itu pemilih akan menentang lima kertas suara termasuk mencoblos anggota DPR, DPRD, hingga presiden dan wakil presiden. (Tribunnews/Jeprima) 

SURYA.co.id | JAKARTA - Tim Kampanye Nasional (TKN) capres-cawapres Joko Widodo-KH Maruf Amin telah memilih foto yang akan dipakai di surat suara di Pilpres 2019.

Adalah foto Jokowi dan Ma'ruf mengenakan kemeja putih dan peci hitam serta berlatar belakang putih yang dipilih.

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto, foto tersebut dipilih karena memberikan makna tersendiri.

"Pak Jokowi mencerminkan optimisme. Memandangnya menatap masa depan dengan percaya diri," kata Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDI-P, Menteng, Jakarta, Kamis (3/2/2019).

Sementara Ma'ruf Amin, lanjut Hasto, menunjukkan jati dirinya sebagai ulama. Hal itu ditunjukkan lewat penggunaan sarung putih yang dikalungkan di lehernya.

"Kiai Ma'ruf dalam jati dirinya sebagai ulama dengan menggunakan sarung. Tak ada perubahan di situ," kata Hasto.

Hasto membandingkan foto tampilan Jokowi-Ma'ruf untuk surat suara dengan tampilan Prabowo-Sandi dalam iklan pemilu yang dibuat Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dalam iklan tersebut, Prabowo dan Sandi mengenakan jas dan peci hitam. Sedangkan foto Jokowi-Ma'ruf kompak mengenakan busana serba putih seraya tersenyum.

"Kiai Ma’ruf dalam jati dirinya sebagai seorang ulama dengan menggunakan sarung tidak ada perubahan di situ. Kemudian pak Jokowi bersama Kiai Ma'ruf mencerminkan ke Indonesiaan kita. Jadi dari warnanya saja kontras, yang di sini putih, yang di sana hitam," kata Hasto.

"Kemudian Pak Jokowi mencerminkan optimisme memandangnya menatap masa depan dengan percaya diri. Yang di sana menunduk. Itu dari fotonya," imbuhnya.

Halaman
123
Editor: Iksan Fauzi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved