Jalan Gubeng Ambles

Segini Biaya Perbaikan Jalan Gubeng Ambles

Direktur Utama PT Nusa Kontruksi Enjiniring (NKE), Djoko Eko Suprastowo, sebut perbaikan Jalan Gubeng ambles capai Rp 10 miliar lebih

Segini Biaya Perbaikan Jalan Gubeng Ambles
surya/ahmad zaimul haq
Kondisi pengaspalan Jalan Gubeng ambles, Kamis (27/12/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Direktur Utama PT Nusa Kontruksi Enjiniring (NKE), Djoko Eko Suprastowo, terlihat meninjau langsung proyek pembangunan basement Jalan Raya Gubeng, Kamis (27/12/2018). Mengenakan kaos polo berwarna putih, Djoko mondar-mandir melihat proyeknya yang menyebabkan Jalan Gubeng ambles pada Selasa (18/12/2018) lalu.

Proyek yang rencananya akan digunakan basemen RS Siloam itu mengalami kesalahan konstruksi hingga akhirnya menyebabkan Jalan Gubeng Ambles dengan dimensi lebar 50 meter dan juga kedalaman sekitar 20 hingga 30 meter.

Saat coba diwawancarai media, Djoko terbilang irit berkomentar. Ia mengaku berkomitmen untuk bertanggung jawab atas Jalan Gubeng ambles akibat proyeknya. Begitu juga dengan jalannya proses hukum di Polda Jatim yang kini sudah naik menjadi proses penyidikan.

"Pokoknya kami tunggu aparat saja lah. Prinsipnya, kami selesaikan, hanya moral ya. Kami selesaikan problem-problem yang muncul di lapangan," kata Djoko.

Ia mengaku akan mengawal pemulihan Jalan Raya Gubeng sampai selesai berfungsi normal.

Terkait apakah proyeknya akan dilanjutkan Djoko mengaku belum memikirkan melanjutkan proyek basemen.

"Nggak taulah. Belakangan itu," ujarnya.

Terkait kasus hukum, Djoko menyebut bahwa dari PT NKE tidak banyak yang dipanggil sebagai saksi.

Dari proses di kepolisian yang ia jalani, Djoko menolak menjelaskan lebih detail, termasuk penyebab pasti kesalahan konstruksi yang akhirnya menyebabkan Jalan Gubeng ambles.

"Nggak banyak saksi dari kita yang dipanggil," katanya.

Menurutnya, dana untuk perbaikan Jalan Raya Gubeng ditanggung sepenuhnya oleh PT NKE. Termasuk biaya-biaya perbaikan jalan, trotoar, dan juga pemasangan box culvert.

Dana yang ia kucurkan untuk membiayai pemulihan jalan akibat proyek basemen PT NKE ini sudah membengkak.

"Dana sejauh ini sudah Rp 10 miliar lebih lah," katanya singkat lalu masuk ke mobil dan meningggalkan lokasi Jalan Raya Gubeng.

Kondisi saat ini, Jalan Raya Gubeng sudah rampung diaspal separo di sisi timur. Saat ini pengerjaan pengaspalan sedang dikerjakan di sisi barat.

Sempat direncanakan akan diuji coba difungsikan separo atau dua lajur pagi ini, namun uji coba belum dilakukan hingga siang ini.

Alasannya karena belum ada rekomendasi dari BBPJN VIII sebagai pemilik kewenangan Jalan Raya Gubeng.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved