Berita Kediri

VIDEO - Misteri Makam Tua di Bekas Lokalisasi Semampir Kediri

"Dari hasil kajian kami, keberadaan makam kuno itu tidak ada jejak sejarahnya. Masyarakat Kelurahan Semampir tidak banyak yang tahu," ungkap Fajar.

Reportase: DIDIK MASHUDI

SURYA.co.id | KEDIRI - Rencana Pemkot Kediri memindahkan makam Eyang Putri dari eks lahan Lokalisasi Semampir mendapat dukungan dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Semampir.

"Dari hasil kajian kami, keberadaan makam kuno itu tidak ada jejak sejarahnya. Masyarakat Kelurahan Semampir tidak banyak yang tahu siapa yang dimakamkan," ungkap Fajar, anggota LPMK Semampir kepada Surya.co.id, Senin (22/5/2017).

Fajar menyebutkan, makam Eyang Putri merupakan makam warga biasa. Apalagi lahan eks lokalisasi sebelumnya merupakan areal pemakaman Tionghwa.

"Lahan ini sebelumnya merupakan Bong Cina (Pemakaman Cina). Sehingga banyak yang dimakamkan di areal ini," jelasnya.

Fajar sendiri berpendapat sebaiknya makam Eyang Putri digeser dan tetap dirawat secara layak.

"Akan lebih baik kalau digeser ke pemakaman umum milik pemkot," jelasnya.

Rencana pemindahan makam Eyang Putri ini sempat diwarnai tarik ulur. Pemkot Kediri masih menunggu pihak ahli waris sebelum memindahkan makam kuno tersebut.

Keberadaan makam Eyang Putri saat ini menjadi sangat mencolok. Karena menjadi satu satunya bangunan yang masih tersisa di lahan eks Lokalisasi Semampir, Kota Kediri.

Jika bangunan lainnya sudah rata dengan tanah, makam Eyang Putri masih tetap dibiarkan berdiri. Tim pembongkaran tampaknya masih ragu-ragu terkait kelangsungan situs makamnya.

Halaman
12
Penulis: Didik Mashudi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved