Musim Haji 2016

Mina Mulai Ditinggalkan Jemaah Haji, yang Bertahan Hanya Jemaah Nafar Tsani

"Lumayan mulai hari ini, (Rabu, red) ke kamar mandi tidak banyak antre alias lengang,"ungkap Hidayah, jemaah haji yang ikut nafar tsani kepada Surya (

Mina Mulai Ditinggalkan Jemaah Haji, yang Bertahan Hanya Jemaah Nafar Tsani
Surya/Hanif Manshuri
Beginilah kondisi MCK di Pemondokan Mina, sepi dan tidak lagi ada antrean panjang, Rabu (14/9/2016) 

SURYA.co.id | MINA - Sebagian jemaah haji sejak pagi tadi mulai meninggalkan pondokan di Mina, dan sebagian bertahan sampai Kamis (15/9/2016).

Jemaah yang sudah meninggalkan Mina dan kembali ke Maktab di Hotel Makkah lantaran hanya pada pendirian untuk melaksanakan Nafar Awal yakni hanya melontar 3 hari, bukan 4 hari seperti Nafar Tsani/Akhir.

Jama’ah lebih awal meninggalkan Mina kembali ke Makkah. Dan hanya melontar sebanyak 3 hari. Total krikil yang dilontar jama’ah nafar awal adalah 49 butir.

Jama’ah haji pelaku Nafar Awal hanya 2 malam menginap di Mina dan meninggalkan Mina pada tanggal 12 Zulhijah sebelum matahari terbenam.

Sedang yang masih bertahan adalah jemaah yang ikut Nafar Tsani (akhir, red) dan 4 hari jamarat (10,11,12,13 Zulhijah).

Dari hari pertama sampai terakhir dari mabit di Mina ini adalah melontar ketiga jumrah Ula, Wusta dan Aqabah.

Nah yang Nafar Sani atau Nafar Akhir, jumlah batu yang dilontar sebanyak 70 butir. Nafar Sani karena jema’ah haji bermalam di Mina 3(tiga) malam dan meninggalkan Mina pada tanggal 13 Zulhijah.

Kini pondokan di Mina jauh lebih sepi dari dua hari sebelumnya, utamanya jemaah asal Indonesia, ternyata banyak yang mengambil Nafar Awal.

Kondisi membawa kegembiraan jemaah yang bertahan ikut Nafar Tsani.

"Lumayan mulai hari ini, (Rabu, red) ke kamar mandi tidak banyak antre alias lengang,"ungkap Hidayah, jemaah haji yang ikut nafar tsani kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Lorong - lorong pemondokan di Mina juga tidak seramai hari - hari sebelumnya. Mereka biasanya banyak cangkruk dan duduk menanti waktu adzan atau acara lain.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved