Berita Surabaya

KPPU Segera Tuntaskan Penyelidikan IndiHome Telkom

"Hasil putusannya, tunggu saja bulan September nanti," tandas Aru, yang juga mantan Investigator Direktorat Penindakan KPPU Pusat ini kepada Surya (TR

KPPU Segera Tuntaskan Penyelidikan IndiHome Telkom
surya/mujib anwar
epala Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kantor Perwakilan Daerah Surabaya Aru Armando sedang memeriksa sejumlah berkas pengaduan masyarakat tentang dugaan monopoli persaingan usaha, di kantornya, Selasa (9/8/2016). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Setelah hampir setengah tahun melakukan penyelidikan, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) akan segera memutuskan perkara produk layanan triple play IndiHome milik Telkom.

Layanan triple play IndiHome terdiri dari internet fiber-high speed internet (internet cepat), interactive TV (Usee TV) dan telepon rumah.

Di sebagian besar wilayah Indonesia, IndiHome akan dilayani dengan menggunakan 100 persen fiber optik.

Kepala KPPU Kantor Perwakilan Daerah Surabaya Aru Armando mengatakan, setelah 8 Maret 2016 lalu, Komisi setuju menangani perkara untuk menyelidiki produk IndiHome berupa layanan Fixed Line, internet dan TV berbayar, tiga orang tim yang ditugaskan telah melakukan kajian dan penelitian.

Termasuk memanggil Telkom selaku penyedia layanan itu dan pihak terkait lainnya.

Selain itu, tim juga berusaha mengumpulkan alat bukti, untuk memastikan apakah ada monopoli yang dilakukan Telkom, sebagaimana yang dikeluhkan masyarakat. Yakni, melakukan perjanjian tertutup.

"Prosesnya sekarang masuk tahap akhir, untuk ditentukan apakah dilanjut pemberkasan atau tidak," ujarnya, kepada Surya, Selasa (9/8/2016) saat ditemui di kantornya.

Jika lancar, Aru memperkirakan, akhir bulan ini, atau paling lambat bulan September nanti perkara produk IndiHome Telkom yang ditangani KPPU sudah ada kepastian.

"Kalau tim menemukan minimal dua alat bukti, bisa dilanjut pemberkasan untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan di persidangan," tegas alumni Fakultas Hukum Unair, Surabaya ini.

Jika dari penanganan perkara itu, misalnya terbukti ada pelanggaran terhadap produk IndoHome Telkom, sesuai Undang-undang nomor 5 tahun 1999 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat, KPPU bisa menjatuhkan sanksi administratif.

Halaman
12
Penulis: Mujib Anwar
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved