DPRD Jatim

Tolak Cukai Rokok Naik, Anggota DPRD Jatim Siap Demo ke Jakarta

Inilah indikasi kuatnya pengaruh lobi juragan pabrik rokok di Jatim. Demi membela kepentingan mereka, anggota DPRD Jatim rela demonstrasi ke Jakarta.

Tolak Cukai Rokok Naik, Anggota DPRD Jatim Siap Demo ke Jakarta
YLKI.or.id
ANTI ROKOK - Industri rokok memang bisnis besar. Hanya sebagian kecil organisasi non pemerintah yang aktiv menentang eksistensi produsen nikotin dan zat-zat berbahaya lain itu. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Inilah salah satu indikasi kuatnya pengaruh lobi industri rokok di Jatim. Berdalih membela kepentingan rakyat, anggota DPRD Jatim rela demonstrasi ke Jakarta.

Mereka menolak kebijakan pemerintah pusat yang menaikkan cukai rokok dari 8 persen menjadi 10 persen sebagai salah satu upaya menggencet peredaran produk beracun itu.

Anggota DPRD Jatim berdalih, kebijakan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai pada Kementerian Keuangan akan berdampak buruk.

Yakni, banyak pabrik rokok di Jatim akan gulung tikar. Akibat selanjutnya, ratusan ribu pekerjanya kehilangan pekerjaan karena dipecat.

"Karena dampaknya sangat merugikan masyarakat Jatim, kami tegas menolak kebijakan tersebut," kata anggota DPRD Jatim, Zainul Lutfi, Jumat (24/4/2015).

rokok

Menurut politisi PAN itu, menaikkan cukai rokok saat ini sangat tidak tepat. Kebijakan tersebut menunjukkan, pemerintah pusat tidak peka terhadap kondisi pertumbuhan ekonomi di daerah yang tengah berjuang dari keterpurukan pasca kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan tarif dasar listrik (TDL).

"Makanya kebijakan tersebut harus ditinjau ulang karena waktunya tidak tepat," tandasnya.

Ia mengingatkan, jika alasannya untuk mereduksi jumlah perokok atau mengatasi dampak dari rokok,  di sisi lain dampak negatifnya justru lebih besar karena bisa menghambat pertumbuhan ekonomi Jatim.

Pranaya Yudha Mahardika, anggota DPRD Jatim dari Golkar, menambahkan, kenaikan cukai rokok akan menimbulkan gejolak di masyarakat. Pasalnya, industri rokok di Jatim menyangkut hajat hidup jutaan orang.

Halaman
12
Penulis: Mujib Anwar
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved