Ikan Bakar Kaki Lima

Ikan bakar saat ini menjadi salah satu menu pilihan yang banyak digemari. Terutama di kota kota besar ikan bakar menjadi menu favorit selain ayam yang memang sudah dikenal. Oleh: Yuyun Anwar Konsultan dan Penulis Buku Kuliner Indonesia Ikan bakar memiliki keunggulan lebih banyak kandungan protein dan tidak berlemak. Ikan dibanding daging sapi dan ayam lebih unggul dari kandungan nutrisi dan efek kesehatannya. Ikan tidak berlemak, dagingnya empuk dan lezat sehingga seringkali dijadikan alternatif menu. Menu ikan bakar seringkali dianggap lebih mewah dibanding lauk lainnya. Saat ini banyak usaha seafood baik skala resto maupun kaki lima memasang menu ikan bakar sebagai menu utama untuk menarik minat konsumen. Beberapa daerah penghasil ikan yang dekat pantai seringkali menghidangkan jenis olahan ikan bakar, seperti makassar yang terkenal dengan ikan bakarnya yang lezat. Ikan bakar seringkali disajikan secara utuh dalam ukuran besar, sehingga seringkali terkesan mahal. Beberapa jenis ikan semacam kerapu, kakap, baronang atau tengiri memang harganya makin meroket seiring bertambahnya permintaan dan tidak dibarengi oleh produksinya yang lamban. Apalagi permintaan akan jenis ikan tangkapan utama tersebut sering kali harus bersaing dengan pasar ekspor dan restoran kelas atas yang berani membeli ikan dengan harga mahal. Ikan jadi mahal. Sudah menjadi rahasia umum jika harga porsi ikan bakar lebih mahal dibanding, misalnya, ayam bakar karena dari bahan baku saja yang sudah mahal tersebut. Sementara dengan menurunya daya beli membuat kemampuan konsumen penggemar ikan akan berkurang juga. Keinginan untuk mengkonsumsi ikan bakar tetap tinggi namun apa daya kantong tak sampai. Ini adalah pasar besar yang tidak bisa diabaikan. Artinya permintaan akan ikan bakar harga murah tetap ada kebutuhan. Salah satu cara mengantisipasi menurunnya daya beli adalah berjualan ikan bakar kaki lima dengan harga terjangkau. Biaya usaha kaki lima lebih murah dibanding dengan restoran yang membutuhkan investasi besar. Ikan Bakar Murah Meriah Bahan baku ikan tertentu memang terkenal mahal. Ikan semacam baronang, kakap, kerapu, tengiri memang termasuk jenis ikan premium. Persaingan harga yang ketat membuat bahan baku ikan tersebut semakin melangit. Beberapa upaya bisa dilakukan untuk membuka usaha kaki ikan bakar murah meriah.
  1. Menyajikan dalam bentuk porsi potongan kecil dan tidak menjual secara utuh sehingga orang bisa memilih menu secara personal. Potongan kecil itu untuk satu satu porsi makan. Misalnya ikan kerapu ukuran 300 gram dipotong menjadi dua, sehingga harganya lebih terjangkau. Orang tidak perlu membeli skala besar berupa satu ekor. Dengan menjual potongan kecil harga terjangkau maka ikan bakar lebih murah.
  2. Menggunakan bahan ikan nonekonomis tetapi dengan harga yang lebih murah. Ikan nila, mata goyang, lele, kuniran, atau jenis ikan lain harganya tidak mahal. Dengan bahan baku murah maka ikan yang dijual tidak lagi mahal.
  3. Kombinasikan dengan lauk lain yang harganya lebih murah misal paket dengan tempe, tahu, atau sayuran yang harganya lebih terjangkau.
  4. Membuat sambal yang enak sehingga bisa menjadi pendamping makan untuk membangkitkan selera. Ikan bakar enak tidak hanya bergantung dari jenis ikan, tetapi juga sambalnya. Variasikan macam-macam sambal sehingga ikan bakar murah meriah makin laris saja.
  5. Memilih bahan baku yang bermutu dan segar. Memastikan bahan baku segar sangat penting sekali. Ikan mudah busuk jika rantai dingin tidak dijaga. Agar hasil baik dan mendapatkan harga ikan yang murah sebaiknya membeli ikan langsung ke lapak, pengepul, atau bahkan nelayan langsung sehingga kesegaran lebih terjamin. Ikan yang bagus akan menghasilkan rasa yang lezat juga.
Utamakan Proses Bersih Membuat ikan bakar tidak sulit, caranya sangat gampang dan mudah, berikut tips membuat ikan bakar supaya lebih enak dan gurih. Ikan bakar yang lezat sangat tergantung pada kualitas ikan. Ikan yang segar bisa dilihat dari warna insang yang kemerahan, daging yang kenyal, dan bau ikan yang segar. Coba tekan ikan saat memilihnya di pasar. Bila bekas tekanan Anda tetap turun, tidak kembali naik, sebaiknya ikan tidak dipilih. Cara membersihkan ikan juga turut menentukan rasa. Hati-hati saat mengeluarkan isi perutnya, jangan sampai ada bagian hitam yang tertinggal hingga membuat pahit ikan. Cuci bersih sampai warna hitam pada bagian dalam ikan betul-betul hilang. Setelah ikan bersih, Anda dapat menghilangkan baunya dengan menambahkan air jeruk nipis atau cuka dan membumbuinya dengan garam. Sebelum dibakar, ikan dapat langsung dilumuri bumbu. Biarkan dalam lemari pendingin sampai bumbu meresap betul supaya ikan bakar Anda kaya rasa. Tetapi membuat ikan bakar juga bisa dengan cara lain yakni ikan direbus dalam air atau santan yang sudah dicampur bumbu. Tentu ikan yang cocok dibakar dengan cara ini hanya ikan yang berdaging tebal dan agak keras supaya tidak mudah hancur. Tongkol atau tengiri, misalnya. Makanan yang lezat bermula dari penangannya. Jika disiplin pada proses yang bersih dan benar, maka pembeli juga yang akan menikmatinya. Proses yang bersih membuat ikan bakar tahan lama dan tidak mudah basi.
Penulis: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved