Berita Sidoarjo

Kuota CPNS 2018 Tak Mampu Tutupi Kekurangan PNS, Bupati Sidoarjo Berharap Ini

Pemkab Sidoarjo sedang kekurangan pegawai, khususnya PNS yang bertugas di bagian teknis, tenaga kesehatan, dan tenaga pengajar alias guru

Kuota CPNS 2018 Tak Mampu Tutupi Kekurangan PNS, Bupati Sidoarjo Berharap Ini
surya/m taufik
Bupati Sidoarjo Saiful Ilah secara simbolis menyerahkan piagam kepada PNS yang memasuki masa purna tugas di sela acara pelepasan yang digelar di Pendopo Sidoarjo, Selasa (22/1/2019). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Pemkab Sidoarjo sedang kekurangan pegawai, khususnya Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas di bagian teknis, tenaga kesehatan, dan tenaga pengajar alias guru. Kekurangan itu terjadi karena banyak PNS yang memasuki masa pensiun, sementara rekrutmen PNS sempat terhenti sejak tahun 2014 lantaran  ada moratorium.

Tahun 2018 kemarin memang sudah dibuka lagi rekrutmen PNS, namun jatah dari pusat untuk Sidoarjo dirasa belum mencukupi. Sidoarjo hanya mendapat jatah 473 formasi.

Padahal dari hitung-hitungan yang dilakukan, seharusnya Pemkab Sidoarjo butuh tambahan 3.909 pegawai. Rinciannya, kebutuhan tenaga pendidikan sebanyak 2.129 orang, tenaga kesehatan 1.166, dan tenaga teknis 614 orang.

Tahun ini, kebutuhan tambahan pegawai negeri tersebut semakin mendesak karena banyak PNS yang memasuki masa pensiun di tahun 2019.

Terhitung ada 113 orang PNS Pemkab Sidoarjo yang memasuki masa purna tugas.

Rinciannya, pegawai yang pensiun pada bulan Februari sebanyak 37 orang, bulan Maret ads 34 pegawai, dan April sebanyak 42 orang PNS yang purna tugas.

"Tahun ini, total PNS Pemkab Sidoarjo yang memasuki masa purna tugas sebanyak 113 orang," kata Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sidoarjo Toto Basuki, Selasa (22/1/2019).

Selama ini, kekurangan pegawai itu ditutup dengan merekrut pegawai honorer dan memaksimalkan SDM yang ada.

Pemkab Sidoarjo pun berharap, ke depannya segera ada lagi rekrutmen PNS untuk memenuhi kebutuhan di Sidoarjo.

"Mudah-mudahan tahun ini ada rekrutmen CPNS lagi," kata Bupati Sidoarjo Saiful Ilah di sela acara pelepasan 113 PNS yang tahun ini memasuki masa pensiun.

Acara yang digelar di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo ini sengaja digelar untuk membangun tali silaturahmi, rasa kekeluargaan, dan bentuk penghargaan terhadap PNS yang telah mengabdi di lingkungan Pemkab Sidoarjo.

Selain itu, dalam acara ini juga disampaikan informasi kemudahan layanan Taspen pro aktif pembayaran tabungan pensiun, pemberian tali asih berupa dana sosial Korpri, piagam purna tugas, serta informasi terkait hak peserta Taspen dan BPJS kesehatan untuk PNS yang telah memasuki masa purna tugas.

“Masa pensiun ini mari kita manfaatkan dengan baik, semoga bapak ibu memasuki masa pensiun dengan bangga dan bahagia. Mudah–mudahan bapak Ibu sehat selalu, serta  bisa tetap memberikan sumbangsih pemikiran bagi Kabupaten Sidoarjo," ujar Bupati di hadapan para pegawai yang hendak pensiun.

Penulis: M Taufik
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved