Berita Surabaya

ITS Luncurkan 2 Mobil Formula Untuk Berlaga di Jepang

Kampus ITS Surabaya meluncurkan dua mobil Formula untuk berlaga di Student Formula Japan 2018. Seperti apa spesifikasinya?

ITS Luncurkan 2 Mobil Formula Untuk Berlaga di Jepang
surabaya.tribunnews.com/sulvi sofiana
Ketua IKA ITS PW Jawa Timur, Wahid Wahyudi (pegang bendera), saat melepas mobil Sapuangin Speed 6 untuk test drive, Minggu (26/8/2018) malam. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali meluncurkan dua mobil Formula untuk berlaga di Student Formula Japan 2018.

Dua mobil yang akan ebrlaga di Jepang pada 2 September 2018 hingga 11 September 2018 mendatang itu ditunjukkan ke publik di halaman depan Surabaya Town Square (Sutos) Cafe, Minggu, 26 Agustus 2018 malam. 

Dalam ajang balap mobil kelas internasional ini, Tim Sapuangin akan mewakili ITS pada kategori Internal Combustion Vehicle (berbahan bakar bensin) dengan mobil formula terbarunya, Sapuangin Speed 6.

Sedangkan  kategori mobil listrik akan diwakili oleh ITS Formula Electric Team dengan mobil formula listrik bernama Carstensz.

Pembina ITS Formula Electric Team, Alief Wikarta memaparkan, mobil formula dengan dominasi warna oranye ini adalah hasil buah karya mahasiswa dari berbagai departemen di ITS.

Baca: Hindari Pemotor yang Mengemudi Sambil Main Ponsel, Innova Nyemplung ke Pantai

Meskipun masih baru, Alief mengatakan bahwa mobil formula ini telah menggunakan teknologi monokok sesuai dengan standar mobil formula internasional.

“Antara pipa dan tubuh mobil menyatu, sehingga mobil lebih ringan dan apabila terjadi kerusakan maka risiko mencelakai pengemudi dapat diminimalisir,” papar dosen Teknik Mesin ini.

Alief menambahkan, penerapan teknologi ini adalah yang pertama di Indonesia. Carstenzs dapat menempuh jarak 98 km per jam dengan kapasitas penyimpanan energi 100V dan menggunakan baterai lithium ion prismatic cell.

Dengan berat 210 kilogram dan berbahan carbon fiber, Alief yakin Carstenzs siap berkompetisi di Jepang pada 2-11 September mendatang.

“Meskipun ini perlombaan pertama, tetapi kami tetap totalitas dan memberikan yang terbaik,”jelasnya.

Halaman
123
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help