Berita Jombang

Panas Tinggi Sebabkan Hutan Jati di Jombang Terbakar, Tak Ada Petugas Berupaya Matikan Api

Cuaca panas di sejumlah wilayah menyebabkan hutan jati di perbatasan Kabupaten Jombang terbakar.

Panas Tinggi Sebabkan Hutan Jati di Jombang Terbakar, Tak Ada Petugas Berupaya Matikan Api
SURYAOnline/sutono
KEBAKARAN - Hutan jati yang terbakar di Kecamatan Kabuh, Jombang, perbatasan dengan Kabupaten Lamongan   

SURYA.co.id | JOMBANG - Cuaca panas yang melanda di sejumlah wilayah menyebabkan kawasan hutan jati di perbatasan Kabupaten Jombang dengan Kabupaten Lamongan, di Kecamatan Kabuh, terbakar. Api cukup sulit dipadamkan akibat kencangnya angin yang berembus.

Anehnya tidak tampak petugas dari Perhutani ataupun penjaga hutan lainnya yang berusaha memadamkan api,  sehingga api terus menjalar tanpa ada yang menghentikannya. Kebakaran sudah berlangsung lama, karena lokasi bekas kebakaran sudah cukup luas.

Suwardi, pencari kayu bakar yang melintas di lokasi berusaha memadamkan api. Hanya saja karena pemadaman dilakukan secara manual, api masih saja menjalar.

Termasuk  titik api yang tidak terjangkau di dalam hutan masih menyala, "Kebakaran  di sini memang kerap terjadi terutama saat musim panas seperti seperti sekarang ini," ujar Suwardi, Minggu (22/7/2018).

Akibat kebakaran, pangkal batang pohon jati menjadi kehitaman. Selain itu daun-daun jati juga menjadi layu, bahkan mengering. Kondisi ini jika dibiarkan, bisa berdampak kepada matinya pohon jati yang masih berusia muda.

 
 

Penulis: Sutono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved