Berita Surabaya

VIDEO - Bus Tingkat Surabaya Beroperasi Bulan Agustus, Cukup Bayar Pakai Sampah Plastik

Bus ini akan melayani rute sepanjang 31 kilometer. Yang menghubungkan kampung Unair, ITS juga Unesa

SURYA.co.id | SURABAYA - Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya Irvan Wahyu Drajad menegaskan, dua bus tingkat atau bus double decker ini akan mulai beroperasi bulan Agustus mendatang.

Setelah serah terima ke Pemkot dan penggunaan operasional pada Dinas Perhubungan, pihaknya akan segera melakukan uji coba rute.

"Bus ini akan melayani rute sepanjang 31 kilometer. Yang menghubungkan kampung Unair, ITS juga Unesa. Tapi nanti kalau terlalu panjang bisa kita split bagi dua di terminal Joyoboyo," kata Irvan, Kamis (12/7/2018).

Baca: VIDEO - Risma Jajal Bus Tingkat, Ajak Masyarakat Surabaya Naik Trasportasi Umum

Baca: Dua Bus Tingkat Segera Beroperasi di Surabaya, Hubungkan Antar Kampus Besar

Oleh sebab itu butuh uji coba rute agar saat pengoperasionalan bus bisa maksimal bagi masyrakat. Uji coba rute ini akan dilakukan segera.

"Setelah kota uji coba rute, insya Allah Bus Double Deck ini akan dioperasikan bulan Agustus," ucap Irvan.

Dari segi pembayaran, Irvan menegaskan bahwa lantaran ini layanan publik, maka free pembayaran. Namun sebagai edukasi ke masyarakat akan bahaya sampah plastik, maka penumpang diwajibkan membawa sampah botol plastik jika ingin naik bus tingkat ini.

"Ini low deck bus nya, jadi kalau dari pedestrian bisa tinggal melangkah. Termasuk yang disabilitas ada papan agar mudah naiknya," katanya.

Lebih lanjut Irvan, saat ini ada sebanyak 10 unit Bus Suroboyo. Hingga akhir tahun 2018, Dinas Perhubungan Kota Surabaya akan menambah lagi sebanyak 10 unit bus yang sama. Yang nantinya juga akan melayani rute barat - timur Surabaya.

"Selain itu kita juga akan menambah empat unit bus sekolah," kata Irvan.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved