Berita Surabaya

Dua Bus Tingkat Segera Beroperasi di Surabaya, Hubungkan Antar Kampus Besar

Risma: Banyak Mahasiswa Kecelakaan, Saya Harap Nanti Naik Bus Saja, yang naik bus ini gratis, cukup membawa sampah plastik

Dua Bus Tingkat Segera Beroperasi di Surabaya, Hubungkan Antar Kampus Besar
SURYAOnline/Ahmad Zaimul Haq
Penampakan bus tingkat yang akan segera beroperasi di Surabaya 

SURYA.co.id | SURABAYA - Setelah meluncurkan Bus Surabaya dan disambut antusias oleh masyarakat, bus tingkat atau bus double deck juga akan menambah fasilitas angkutan umum Kota Pahlawan.

Hari ini, Kamis (12/7/2018), sebanyak dua unit bus double deck datang di Balai Kota Surabaya. Dua bus itu merupakan bantuan dari Bank Mayapada. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menerima langsung CSR dari bank yang ownernya asli arek Surabaya itu.

Baca: VIDEO - Bus Tingkat Surabaya Beroperasi Bulan Agustus, Cukup Bayar Pakai Sampah Plastik

Baca: VIDEO - Risma Jajal Bus Tingkat, Ajak Masyarakat Surabaya Naik Trasportasi Umum

Risma mengatakan bus ini akan beroperasi dari kawasan Surabaya Timur ke Surabaya Barat. Bus ini akan melayani rute yang kebanyakan ada kampus besar. Ada Unair, ITS dan Unesa, bus ini akan melayani antar kampus ini dengan panjang rute 31 km.

"Di timur ada dua kampus besar, yaitu Unair dan ITS. Lalu juga di Surabaya Barat juga ada kampus Unesa, jadi saya harap bus ini bisa dimanfaatkan mereka yang akan ke kampus-kampus di sana," kata Risma.

Tidak hanya itu, sejauh ini, cukup banyak laporan yang ia terima bahwa mahasiswa mengalami kecelakaan. Salah satu sebabnya adalah karena mereka menggunakan kendaraan privadi.

"Kan sayang, mereka oleh orang tuanya dikuliahkan, lalu kecelakaan. Saya harap nanti naik bus saja, saya ingin nanti kecelakaan bisa terkurangi, kepadatan lalu lintas juga bisa tereduksi," ucap Risma.

Bantuan dari Mayapada bukan hanya dua bus saja. Namun dikatakan Risma juga termasuk uang Rp 5 miliar. Yang rencananya akan digunakan untuk mendirikan sekolah SMA plus.

Usai ada penyerahan dua bus itu, Risma beserta CEO Mayapada Datuk Sri Taher mencoba untuk menaiki bus berkapasitas 71 orang tersebut. Di mana untuk lantai bawah, bisa dinaiki oleh 16 orang, sedangkan untuk lantai dua bisa dinaiki oleh 59 orang.

Bus ini menyediakan fasilitas yang menyamankan penumpangnya. Mulai AC, tempat duduk yang nyaman, juga jendela lebar yang terang.

"Seperti Bus Suroboyo, yang naik bus ini gratis, cukup membawa sampah plastik. Sistem bayar pakai sampah ini sudah terkenal mendunia lho," tambah Risma.

Di sisi lain, CEO Mayapada Datuk Sri Taher, mengatakan, alasannya memberikan sumbangan ini adalah bentuk dari kepedulian darinya sebagai warga Surabaya.

Ia berharap apa yang dilakukan bisa memberikan sumbangsih untuk Surabaya. "Saya juga diingatkan oleh Bu Risma, saya ini arek Suroboyo lho," candanya.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved