Home »

News

» Sains

Sains

Fakta Mengagumkan Tardigrade, Makhluk 'Paling Tangguh' yang Muncul di Ant-Man and The Wasp

Di film Ant Man and The Wasp muncul sosok makhluk bernama Tardigrade. Faktanya, makhluk ini benar-benar ada punya kemampuan tak terbayangkan

Fakta Mengagumkan Tardigrade, Makhluk 'Paling Tangguh' yang Muncul di Ant-Man and The Wasp
ist
Salah satu adegan di dalam film Ant-Man and The Wasp yang menampilkan sosok makhluk bernama Tardigrade 

SURYA.co.id | Mereka yang sudah menonton film Ant Man and The Wasp yang kini sedang diputar di bioskop-bioskop Indonesia, pasti akan melihat sosok makhluk aneh yang memiliki nama Tardigrade

Sedikit bocoran, di film tersebut, hewan ini hanya tampil sesaat. Bahkan namanya pun disebutkan cukup sekali oleh tokoh Janet Van Dyne. 

Janet adalah istri Hank Pym, pencipta kostum Ant-Man, yang di film pertama Ant-Man dikisahkan lenyap ke realitas kuantum. 

Tardigrade sendiri bukanlah makhluk fiksi. Oleh para ilmuwan, makhluk ini dijuluki Beruang Air karena bentuknya yang menyerupai beruang dan hidup di air atau di tempat-tempat yang berganggang. 

Makhluk mikro organisme ini pun memiliki 'kekuatan' yang luar biasa meski ukurannya luar biasa kecil dan hanya bisa dilihat dengan menggunakan mikroskop. 

Menurut Michael W Shaw, salah satu ilmuwan yang mempelajari Tardigrade, makhluk tersebut mudah ditemukan di tempat-tempat yang basah, misalnya di pantai, dasar laut, lumut, dan lain sebagainya. 

Dengan ukurannya yang super kecil, yakni sekitar 1 mm, Tardigrade dapat hidup di lingkungan yang super ekstrim. Bahkan, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, makhluk ini terbukti tetap bisa bertahan hidup ketika dibawa ke luar angkasa. 

Selain itu, makhluk yang menyerupai ulat dengan delapan kaki ini dapat bertahan hidup di suhu panas 120 derajat celsius atau 240 derajat fahrenheit, lalu di suhu dingin antara -200 hingga -300 derajat celsius.

Tak hanya itu, makhluk ini juga mampu bertahan terhadap radiasi ultraviolet. Bahkan, dalam kondisi kering, makhluk ini dapat hidup hingga 10 sampai 100 tahun. 

Selain itu, yang tak kalah mengagumkan, berdasarkan sebuah penelitian di tahun 2007, makhluk ini dapat hidup selama 10 hari di luar angkasa yang hampa udara, terpapar sinar kosmik, dan terkena radiasi ultraviolet 1.000 kali lebih tinggi dibandingkan radiasi di permukaan bumi. 

Dengan kemampuan tersebut, pantas kalau tardigrade mendapat julukan sebagai makhluk 'paling kuat'. 

Penulis: Eben Haezer Panca
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help