Surya/

Berita Surabaya

Untuk Pertama Kalinya, RSI Jemursari Surabaya Gelar Kateterisasi Jantung dan Pemasangan Ring

Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya untuk pertama kalinya melakukan Kateterisasi Jantung dan pemasangan ring, Kamis (15/2/2018).

SURYA.co.id | SURABAYA – Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya untuk pertama kalinya melakukan Kateterisasi Jantung dan pemasangan ring, Kamis (15/2/2018).

Tindakan ini dilakukan dengan bius lokal, artinya pasien dalam keadaan sadar saat kateter dimasukkan melalui arteri pada tangan menuju jantung.

dr Rerdin Juliario, spelialis Jantung dan Pembuluh Darah melakukan proses kateter dan pemasangan ring jantung selama satu jam di Cath Lab RSI Jemursari, Kamis (15/2/2017).

Ia menjelaskan, proses kateterisasi dimasukkan lewat arteri radialis di tangan, hingga pembuluh darah koroner. Hal ini dilakukan untuk melihat apakah ada sumbatan atau penyempitan. Setelah diagnosa didapatkan, dari proses tersebut akan diputuskan untuk pemasangan ring.

Teknik pemasangan stent pada daerah pembuluh darah yang menyempit, pertama dimasukkan kawat kecil melewati area sumbatan, pada area sumbatan di tempatkan ring (stent), ballon dalam stent dikembangkan, kemudian balon dikempeskan dan dikeluarkan, tinggal stent menyangga tempat sumbatan dan pembuluh darah mulus kembali.

“Prosesnya tidak menyakitkan, dan pasien bisa langsung pulang setelah recovery,” ungkap dokter yang menjalani fellow di Institut Jantung Negara, Kuala Lumpur ini.

Pasien pertama yang menjalani pemasangan ring di RSI Jemursari ini yaitu Slamet Zubaidi (66).

Warga Krian ini memutuskan menjalani pemasangan ring setelah tidak mendapatkan hasil melalui obat-obatan.

“Nyeri di dada tengah, hilang dan timbul sejak Juli 2017. Selama ini diberi obat jantung saja,tapi tetap saja saat kenyang atau capek sedikit langsung nyeri,” ujarnya.

Ia mengungkapkan sudah pernah menjalani pemasangan ring di jantungnya 10 tahun lalu. Dengan riwayat penyakit Diabetes dan kolesterol tinggi, wirausaha ini kembali mengalami penyempitan pada pembuluh darah di jantung pada sisi lain dengan yang dipasang ring.

“Saya pasrah, rasanya Cuma panas saja saat reaksi zat kontras,” ujarnya saat masih terbaring usai proses pemasangan ring.

Baca: RSI Jemursari Layani Operasi Pasang Ring Jantung, 90 Pasien BPJS Sudah Antre

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help