Berita Surabaya

Surabaya Tak Masuk 10 Besar Kunjungan Wisman, Banyuwangi Nomor Satu karena Pemkabnya Lakukan ini

"TERBANYAK Banyuwangi. Daerah ini kreatif. Pemkabnya begitu perhatian terhadap sektor wisata," ucap Kepala Dikbudpar Jarianto, Kamis (2/2/2017).

Surabaya Tak Masuk 10 Besar Kunjungan Wisman, Banyuwangi Nomor Satu karena Pemkabnya Lakukan ini
surya/nuraini faiq
Grafis kunjungan Wisman 10 besar terbanyak di Jatim 2016. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kota Surabaya hingga saat ini bukan termasuk kota tujuan wisata dari mancanegara. Pada 2016 lalu, Surabaya tidak masuk 10 besar kunjungan wisman ini.

Sebagaimana data yang disampaikan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dikbudpar) Jatim, Surabaya tidak ada di urutan 10 besar kunjungan wisatawan mancanegera (wisman

Jangankan 10 besar, kota penuh sejarah ini juga tak masuk dalam 20 besar daster daerah dengan kunjungan wisman terbanyak.

"Yang terbanyak Banyuwangi. Daerah ini kreatif. Pemkabnya begitu perhatian terhadap sektor wisata," ucap Kepala Dikbudpar Jarianto, Kamis (2/2/2017).

Salah satu yang menjadi daya tarik utama wisman ke Banyuwangi adalah Kawah Ijen. Ada blue fire yang luar biasa eksotik di kawah ini.

Tidak hanya Kawah Ijen, tempat wisata lain yang juga menarik animo wisman ke Banyuwangi adalah Taman Nasional Alas Purwo. Persis di bawah Banyuwangi adalah Probolinggo dengan Gunung Bromo.

Jarianto menyebut bahwa Gunung Bromo dekade sebelumnya selalu paling banyak dikunjungi wisman. Namun berkat sentuhan dan jiwa menjual Banyuwangi, kota paling ujung Timur Jatim ini saat ini jadi idola wisman.

"Daerah lain yang punya destinasi wisata bisa mengikuti jejak Banyuwangi. Mengemas setiap objek wisata semaksimal mungkin," kata Jarianto.

Tidak hanya dua lokasi wisata yang digandrungi wisman, Banyuwangi juga mendominasi tempat wisata lain. Yakni Pulau Merah,

Umbul Bening, dan Umbul Pule. Destinasi wisata di Banyuwangi ini masuk lima besar.

Kemudian di bawah Banyuwangi di urutan berikutnya adalah Bondowoso juga ada Kawah Ijen. Probolinggo selain Bromo juga ada Kebun Strawberi. Nomor sepuluh adalah Intako Tanggulangin Sidoarjo. Penanjakan Bromo Pasuruan urutan 11.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved