Kereta Api Tidak Lagi Berhenti di Stasiun Lumajang

Stasiun yang kini tidak disinggahi ketiga KA itu antara lain Stasiun Klakah, Randuagung, Jatiroto juga Kalisat.

Kereta Api Tidak Lagi Berhenti di Stasiun Lumajang
net
Sejumlah kereta kini tidak akan berhenti di Stasiun Klakah, Lumajang, mulai Sabtu (17/8/2013)

SURYAOnline, JEMBER - Jumlah stasiun pemberhentian kereta api kelas ekonomi di wilayah PT KAI Daerah Operasional (Daop) IX Jember dikurangi.

Berdasarkan data yang dikeluarkan manajemen PT KAI Daop IX Jember, pengurangan stasiun pemberhentian itu berlaku untuk KA Probowangi (Probolinggo - Banyuwangi), KA Tawangalun (Banyuwangi - Malang) dan KA Sritanjung (Banyuwangi-Lempunyangan/Jogjakarta).

Stasiun yang kini tidak disinggahi ketiga KA itu antara lain Stasiun Klakah, Randuagung, Jatiroto juga Kalisat. Kebijakan itu mulai berlaku Sabtu (17/8/2013).

KA Probowangi kini tidak akan berhenti di Stasiun Klakah dan Randuagung Kabupaten Lumajang, serta Stasiun Mangli, Jember.

Sedangkan di Stasiun Leces Kabupaten Probolinggo, KA Probowangi akan berhenti ketika KA berjalan dari arah Banyuwangi dan berakhir di Stasiun Probolinggo.

"Tetapi ketika kereta Probowangi berjalan dari arah Probolinggo menuju Banyuwangi, maka tidak akan berhenti di Stasiun Leces alias terus," ujar Manajer PT KAI Daop IX Jember Gatut Sutiyatmoko kepada SURYA Online, Sabtu (17/8/2013).

KA Tawangalun tidak akan berhenti di Stasiun Kalisat, Jember, juga Stasiun Jatiroto dan Klakah, Lumajang. Sedangkan KA Sritanjung kini tidak akan lagi berhenti di Stasiun Jatiroto dan Klakah.

Pengurangan stasiun pemberhentian itu, kata Gatut, karena sejumlah pertimbangan. Menurutnya, jumlah penumpang di stasiun-stasiun itu tidak banyak.

"Selain itu juga untuk meminimalkan asongan naik ke kereta api. Karena asongan di wilayah itu banyak," imbuh Gatut.

Kebijakan itu diambil untuk meningkatkan pelayanan yakni kenyamanan dan keamanan untuk penumpang.

Bagi warga Lumajang yang ingin naik KA maka bisa naik mulai dari stasiun terdekat, yakni Tanggul (Jember) atau Probolinggo.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved