BLT BPJS Ketenagakerjaan

Apakah BLT BPJS Ketenagakerjaan Tetap Cair Meski Level PPKM Turun? Begini Penjelasan Kemnaker

Apakah BLT BPJS Ketenagakerjaan Tetap Cair Meski Level PPKM Turun? Begini Penjelasan Kemnaker

SURYA.CO.ID - Saat ini, level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) makin diturunkan oleh pemerintah pusat, mengingat angka sembuh COVID-19 mulai menurun.

Hal itu, tentu saja menjadi perhatian tersendiri, terutama bagi pegawai yang tercatat menerima BLT BPJS Ketenagakerjaan.

Pasalnya, seperti yang diberitakan sebelumnya, BLT BPJS Ketenagakerjaan dikhususkan untuk karyawan yang terdaftar BPJAMSOSTEK, menerima gaji di bawah 3,5 juta, serta yang berada di wilayah PPKM level 3 dan 4.

Baca juga: Bagaimana Nasib BLT Guru Honorer Senilai Rp 1,8 Juta? Kemnaker Ungkap Rencana Penyaluran Bantuan

Dilansir dari Instagram @kemnaker, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah akan tetap menyalurkan BLT BPJS Ketenagakerjaan bagi karyawan yang sdah terdaftar.

Hal tersebut disampaikan oleh Ida Fauziyah, saat menyaksikan pembukaan dan aktivasi rekening secara kolektif oleh BRI bagi penerima bantuan Pemerintah berupa subsidi gaji/upah (BSU) tahun 2021 untuk pekerja/buruh di PT L’essential, Tangerang, Banten, pada Kamis (16/9/2021).

"Dari sejumlah 420 pekerja Perusahaan L’essential yang terdaftar pada BPJS Ketenagakerjaan, sebanyak 352 pekerja ditetapkan memenuhi syarat untuk mendapatkan Bantuan Subsidi Upah/Gaji yang disalurkan pada Tahap 3 di Bank BRI," ujar Ida.

Ida menyatakan, pekerja/buruh di PT L’essential mendapatkan BSU karena memenuhi persyaratan sesuai dengan Permenaker Nomor 16 Tahun 2021 tentang Pemberian Subsidi Upah 2021.

Ia mengemukakan, hingga hari ini, total BSU tahun 2021 telah disalurkan kepada 4.611.816 pekerja/buruh yang terdiri dari 2.301.976 ditransfer langsung ke pekerja/buruh yang memiliki rekening Himbara. Sementara 2.309.840 lainnya dilakukan penyaluran melalui pembukaan rekening kolektif oleh Pemerintah.

"Kami berharap kepada para Bank HIMBARA agar proses penyaluran BSU ini bisa rampung pada akhir bulan Oktober ini, maka dari itu untuk mempercepat penyalurannya Bank HIMBARA saat ini melakukan jemput bola terkait aktivasi pembukaan rekening," tambahnya.

BLT BPJS Ketenagakerjaan di BCA & Bank Swasta Bisa Cair Tanpa Burekol

Halaman
1234