Berita Gresik

Pulau Bawean Diusulkan Jadi Geopark, Ini Hasil Penelitian Bappeda Gresi dan UGM

Berdasarkan hasil penelitian geologi, Pulau Bawen di Kabupaten Gresik bakal diajukan menjadi Geopark

Penulis: Willy Abraham | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/M Taufik
Keindahan Pulau Gili Noko di Bawean, Kabupaten Gresik. 

SURYA.CO.ID, GRESIK - Pulau Bawen bakal diajukan menjadi geopark. Hal tersebut dilakukan, berdasarkan hasil penelitian geologi beberapa wisata alam di Pulau Bawean oleh Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Gresik.

Bappeda Gresik juga bekerja sama dengan civitas akademika Universitas Gadjah Mada (UGM), yang menjadi prasayarat pendukung pengajuan warisan geologi Pulau Bawean.

Kabid Infrastruktur Dan Kewilayahan Bappeda Gresik, Dian Palupi Chrisdiani menuturkan, dalam penelitian itu ada beberapa kerangka tahapan konsep dasar geopark wisata (geopark development, red) di Pulau Bawean.

Muali dari konservasi flora, fauna dan budaya yang tidak merusak. Pembangunan ekonomi kreatif dan pengembangan masyarakat melalui pendidikan warisan dari geologi serta budaya pulau Bawean.

Selanjutnya, kata Dian, tahapan ke geopark butuh beberapa pengembangan dari dasar geopark itu.

"Mulai dari keragaman geologi dan warisan geologi (Geodiversity, keragaman hayati (Biodiversity), keragaman budaya (Culture Diversity), kapasitas sumber daya manusia, infrastruktur, dan regulasi kebijakan," jelas Dian, Rabu (1/2/2023).

Diketahui, luas Pulau Bawean sekitar 200 kilometer persegi, Pulau Bawean terbentuk dari sisa-sisa gunung.

Perairannya, sudah menjadi destinasi wisata alam dan budaya bagi Kabupaten Gresik.

Berdasarkan kondisi alam geologisnya dan unsur ekosistem serta budaya yang pernah tumbuh di Pulau Bawean, maka peluang pengembangan wisata berbasis geopark sangat dimungkinkan di pulau yang berada di laut Jawa sekitar 80 mil atau 128 km di sebelah utara Paciran Kabupaten Lamongan itu.

“Pulau Bawean terbentuk dari sisa-sisa gunung berapi tua dengan ketinggian maksimal 655 meter,” terang Dian.

Beberapa formasi dari pegunungan dan bebatuan juga ditemukan dalam penelitian tersebut. Di antaranya, formasi batu gamping di Desa Gelam, formasi batu pasir di Desa Kebuntelukdalam, formasi gunung api Desa Balik Terus. Kemudian endapan aluvium, endapan ini merupakan formasi termuda yang ada di Pulau Bawean.

"Endapan tersusun dari endapan kerakal, kerikil, pasir, lumpur dan lempung. Persebarannya relatif di daerah pesisir pantai,” bebernya.

Dari pemetaan formasi tersebut, lanjut Dian, dilakukan identifikasi wisata alam berbasis aspek kebumian (geodiversity).

Meliputi, Pantai Gili Noko, Pantai Noko Selayar, Pantai Jembengan, Pantai Tanjung Ge'en, Pantai Ria, Pantai Mayangkara, Mata Air Panas Kepuhlegundi, Pantai Kerrong, Danau Kastoba, Air Terjun Laccar, Puncak Gunung Soka, Air Terjun Murtalajer, Air Terjun Kastoba (Grojogan Candi), Jherat Lanjeng (Makam Panjang) dan Mata Air Panas Sawahmulya.

Sedangkan untuk wisata berbasis keanekaregaman hayati/biodiversity meliputi Penangkaran Rusa, Mangrove Daun dan Mangrove Kebuntelukdalam.

“Berdasarkan hasil perbandingan rekapitulasi dari petunjuk teknik asesmen sumberdaya Warisan Geologi Badan Geologi
(2017) dan Konsep Geowisata Kobalikova (2013), wisata di Bawean sudah dinilai baik dan sangat baik. Mulai nilai 5 sampai 12,” Dian menjelaskan lagi.

Saat ini, penelitian selama empat bulan itu, sudah tahapan progres penetapan Bawean sebagai Warisan Geologi. Kendati demikian, pihaknya masih punya pekerjaan rumah untuk menyusun roadmap berupa masterplan geopark.

“Di Tahun 2023, Bappeda di Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan sedang menyusun itu. Nantinya dalam masterplan akan dirumuskan untuk tata kelola dan kelembagaan geopark Bawean,” tuturnya.

Melalui Surat Gubernur Jawa Timur tanggal 31 Januari 2022, Nomor 050/2.078/201.4/2022, Perihal Pengajuan Warisan Geologi Pulau Bawean Kabupaten Gresik kepada KESDM, diharapkan bisa segera ditindak lanjuti ke proses selanjutnya.

BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved