Berita Kota Surabaya

1.396 Pendaftar PPS Surabaya Ikut Tes Tulis, Begitu Lolos Akan Dilantik Langsung Bulan Ini

Penetapan anggota akan dilakukan 23 Januari 2022 sedangkan untuk pelantikan akan dilakukan sehari setelahnya, 24 Januari 2022.

surya/bobby constantine Koloway
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya mulai melakukan tes kepada kandidat Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu 2024. Sebanyak 1.396 peserta mengikuti tes tulis, Senin-Selasa (9-10/1/2022). 

SURYA.CO.ID, KOTA SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya mulai melakukan seleksi kepada kandidat Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu 2024. Diawali dengan pelaksanaan tes tulis yang dilalui sebanyak 1.396 peserta, Senin-Selasa (9-10/1/2022).

Proses seleksi menggunakan metode computer assisted test (CAT). Namun, karena jumlahnya cukup besar, proses tes dilakukan selama dua hari. "Mereka yang mengikuti tes hari ini adalah pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi," kata Komisioner KPU Surabaya, Subairi di Surabaya, Selasa (10/1/2022).

"Kami sesuaikan dengan jumlah komputer di lokasi tes, yakni di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) kampus Lidah Wetan," tambah alumni Unesa tahun 2003 ini.

Dalam proses seleksi, peserta diminta menjawab berbagai tema soal. Mulai wawasan nusantara, ideologi pancasila, kelembagaan pemilu, pemungutan suara, hingga pemuktahiran data pemilih.

Menurut pria yang membawahi Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia ini, nilai peserta akan langsung keluar saat peserta selesai mengerjakan soal. "Ada sekitar sembilan tema soal yang harus dijawab peserta," kata mantan PPK Gunung Anyar ini (2015).

Nantinya, hasil seleksi tulis akan diumumkan pada 15-17 Januari. Apabila lolos, mereka akan mengikuti tes wawancara pada 18-20 Januari. Pada proses seleksi tersebut, masyarakat juga bisa memberikan tanggapan dan masukan soal nama-nama ini kepada KPU Surabaya. Waktunya, mulai 6 hingga 17 Januari mendatang.

Pada proses ini, warga dapat mengungkapkan track record, latar belakang, sepak terjang, hingga berbagai masukan lainnya soal kandidat PPK. Caranya bisa melalui email ke sdm.kotasurabaya1@gmail.com atau mendatangi kantor KPU Surabaya dengan menyertakan identitas KTP atau KK.

"Masukan dari warga juga akan menjadi bahan tes wawancara kepada calon PPK. Nanti kami akan konfrontir kepada calon yang bersangkutan," kata mantan jurnalis ini.

Penetapan anggota akan dilakukan 23 Januari 2022 mendatang. Sedangkan untuk pelantikan akan dilakukan sehari setelahnya, 24 Januari 2022.

Untuk diketahui, kebutuhan Petugas PPS di Surabaya untuk pemilu 2024 mencapai yang sekitar 459 orang. Nantinya mereka akan bertugas di 153 kelurahan (3 orang di tiap kelurahan). ****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved