Berita Surabaya

Pasar Online Semakin Terbuka, Ini Tips Sukses Berjualan Online Bagi Pemula di Tokopedia

Jonathan Kho, Seller Expert yang juga memiliki Official Stores Brand di Tokopedia, mengungkapkan semua orang bisa jualan online, tetapi hanya yang ser

Penulis: Sulvi Sofiana | Editor: Adrianus Adhi
SURYA.co.id/Sulvi Sofiana
Jonathan Kho, Seller Expert yang juga memiliki Official Stores Brand di Tokopedia, mengungkapkan semua orang bisa jualan online, tetapi hanya yang serius yang bisa bertahan. 

SURYA.CO.ID, Surabaya - Pasar online saat ini semakin terbuka lebar dengan kemudahan akses market place bagi penjual dan pembeli.

Tak terkecuali Tokopedia yang telah memberikan banyak peluang sukses bagi penjual online untuk membuka bisnisnya.

Jonathan Kho, Seller Expert yang juga memiliki Official Stores Brand di Tokopedia, mengungkapkan semua orang bisa jualan online, tetapi hanya yang serius yang bisa bertahan.

"Untuk memulai bisnis baru yang harua dilakukan yaitu melakukan riset produk untuk mengetahui kelemahan dan keunggulan. Jadi harus mengetahui momen produk tersebut kapan penjualannya ideal," ujarnya dalam workshop Kiat Jitu Memulai Bisnis Online yang diadakan Tokopedia secara daring, Selasa (6/12/2022).

Seperti menjual masker, baju daster buat WFH selama pandemi naik maka penjualan bagus, kalau sekarang mulai melandai. Jadi harus riset dulu baru jalan

Kemudian juga diperlukan strategi promosi yang tepat sesuai dengannya platform yang digunakan untuk berjualan. Seperti di Tokopedia ya bisa dibaca traffic penjualan yang ideal dengan promosi yang mana

Ketiga mental yang kuat dan terakhir punya daya juang yang tinggi.

"Jadi jangan gampang menyerah karena sekarang banyak yang jualan otomatis kompetitor juga banyak," lanjutnya.

Sementara itu, untuk membentuk mental selama berbisnis harua percaya diri dengan produk yang dijual. Kemudian berpikir positif dan optimal.

Serta berani mencoba, mengambil resiko dan fokus.

"Untuk menghadapi persaingan harga bisnis di market place seller harus memiliki nilai value bukan hanya dalam hal harga tapi bisa dari layanan, personal branding owner, hak cipta dan lainnya," urainya.

Sehingga, lanjutnya, perlu selalu berinovasi dan membangun hubungan yang baik dengan pembeli.

Sementara itu, Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Regional) Tokopedia, Rizky Juanita Azuz mengatakan Tokopedia memberikan kesempatan agar masyarakat bisa buka toko dengan mudah, kapan pun dan dimana pun hanya lewat genggaman tangan. 

"Kemudahan ini menjadi salah satu pendorong semakin banyaknya masyarakat yang memulai bisnis online," lanjutnya. 

Ia pun menambahkan saat ini ada lebih dari 12 juta penjual di Tokopedia yang hampir 100 persennya UMKM. 

"Per November 2022, Tokopedia mencatat Medan, Semarang, Bandung, Jabodetabek, Surabaya sebagai beberapa wilayah dengan jumlah penjual tertinggi di Tokopedia," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved