Berita Pasuruan

Mas Dion Minta Pemkab Pasuruan Terapkan UHC, Demi Wujudkan Layanan Kesehatan Gratis Untuk Masyarakat

ada anggaran Rp 153 miliar dari DBHCHT 2023 yang disiapkan oleh Pemkab Pasuruan akan menggratiskan layanan kesehatan bagi masyarakat

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Deddy Humana
surya/galih lintartika
Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan. 

SURYA.CO.ID, PASURUAN - Pemkab Pasuruan akan menjamin layanan kesehatan masyarakat gratis dan mudah di Kabupaten Pasuruan pada 2023. Karena DPRD setempat sudah menyetujui anggaran untuk merealisasikan Universal Health Coverage (UHC), dengan jumlah yang tidak sedikit.

Dari data yang didapatkan, ada anggaran Rp 153 miliar dari DBHCHT 2023 yang memang disiapkan oleh pemerintah. Pemkab Pasuruan akan menggratiskan layanan kesehatan bagi masyarakat di Kabupaten Pasuruan yang belum tercover BPJS mandiri atau bantuan pusat.

Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan menjelaskan, program prioritas ke depan adalah merealisasikan UHC atau kesehatan semesta.

Dan pada 2023, Mas Dion, sapaan akrabnya, menjelaskan, Kabupaten Pasuruan dipastikan bisa mendapatkan program UHC dari BPJS. “Program UHC ini disiapkan, untuk menjangkau layanan kesehatan bagi semua masyarakat di Kabupaten Pasuruan,” kata Mas Dion, Kamis (1/12/2022).

Meski selama ini ada masyarakat yang belum tercover BPJS, maka dengan progam tersebut, mereka bisa mendapatkan kemudahan dalam pelayanan kesehatan. “Kalau sebelumnya, kan harus dirumitkan dengan masalah administrasi seperti surat SKTM atau yang lain. Dengan UHC bisa lebih mudah,” urainya.

Namun dengan adanya UHC ini, maka semua pelayanan kesehatan akan lebih mudah, karena warga cukup menunjukkan KTP Kabupaten Pasuruan, maka layanan tersebut bisa diberikan.

Mas Dion juga mendorong kesiapan pemerintah dalam menyambut program UHC tersebut. Agar penerapannya bisa berjalan dengan optimal. “Pemkab Pasuruan harus menyiapkan betul jajarannya. Jangan sampai penerapan di lapangan amburadul,” ujar Mas Dion. ****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved