Breaking News:

Berita Sidoarjo

Langkah Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Atasi Banjir yang Rendam Sejumlah Desa

Banjir merendam sejumlah desa di Kecamatan Tanggulangin dan Kecamatan Candi, Sidoarjo. Air menggenangi jalan-jalan desa dan masuk ke rumah-rumah warga

Penulis: M Taufik | Editor: Fatkhul Alami
Surabaya.Tribunnews.com/M Taufik
Banjir merendam sejumlah desa di Kecamatan Tanggulangin dan Kecamatan Candi, Sidoarjo. Air menggenangi jalan-jalan desa dan masuk ke rumah-rumah warga sejak Sabtu (26/11/2022). 

 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Banjir merendam sejumlah desa di Kecamatan Tanggulangin dan Kecamatan Candi, Sidoarjo. Air menggenangi jalan-jalan desa dan masuk ke rumah-rumah warga sejak Sabtu (26/11/2022).

Sejumlah desa yang terendam air itu antara lain Desa Sumorame, Desa Ngampelsari, dan Desa Balonggabus di Kecamatan Candi. Sementara di Tanggulangin, banjir merendam Desa Boro, dan Desa Ganggangpanjang.

Banjir terjadi setelah hujan deras mengguyur selama beberapa hari terakhir. Ditambah lagi air sungai meluap dan laut juga sedang pasang.

“Air mulai masuk rumah sejak Sabtu kemarin. Setelah hujan turun deras sekali dan cukup lama,” kata Fajar, warga Sumorane.

Banjir di beberapa desa di Kecamatan Candi dan Tanggulangin itu disebabkan air sungai Tanggulangin sampai Sungai Balongdowo meluap.

Tingginya debit air yang datang dari barat ditambah hujan deras beberapa hari kemarin membuat sungai tidak mampu menampung volume air.

Rumah warga yang kebanjiran kebanyakan adalah rumah yang dekat dengan aliran sungai. Seperti di Desa Balonggabus Kecamatan Candi, Perumahan Bumi Candi Asri Desa Ngampelsari dan Desa Sumorame dan Desa Boro.

Ketiga desa itu dilewati aliran sungai yang sampai ke laut. “Meluapanya sungai juga disebabkan karena air laut pasang," lanjutnya.

Menyikapi kondisi ini, Pemkab Sidoarjo langsung menyiagakan Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Kesehatan sebagai garda terdepan membantu warga yang terdampak banjir.

Menurut Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor, pihaknya juga meninginstruksikan camat dan Dinas Sosial untuk turun membantu warga.

“Dinas PU BMSDA juga kita kerahkan untuk melakukan penyedotan air di daerah titik banjir dan koordinasi dengan pemerintah Provinsi Jatim terkait pengendalian debit air di DAM Rolag Songo di Kecamatan Tarik,” kata Gus Muhdlor, panggilan Ahmad Muhdlor.

Semua tim diminta untuk bekerja ekstra membantu penanganan banjir di sejumlah desa itu. Semua dinas juga diminta bekerja maksimal dalam membantu warga yang terdampak banjir.

Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo Fenny Apridawati menyebut, sejak Sabtu timnya sudah turun di beberapa titik lokasi banjir. Mantan Kadis Tenaga Kerja itu memastikan semua pelayanan dasar kesehatan berjalan dengan baik terutama di dearah yang terdampak banjir.

"Tenaga kesehatan (nakes) kita siagakan semua untuk membantu masyarakat. Kemarin kita ke Desa Ganggangpanjang, kemudian ke Desa Boro menyalurkan bantuan obat-obatan dan Pampers popok bayi. Kita turun membantu dan melayani kesehatan warga," ujar Fenny

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved