Berita Mojokerto

Pengecoran Jalan Nasional di Trowulan Mojokerto Dilakukan Selama 24 Jam, Imbasnya Macet Parah

Pengerjaan pengecoran jalan nasional di wilayah Lengkong, Kecamatan Trowulan KM SBY 61+200, Kabupaten Mojokerto, akan dilakukan selama 24 jam. 

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Mohammad Romadoni
Kepadatan kendaraan dari Surabaya-Mojokerto dampak pengecoran jalan nasional di Watesumpak, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Sabtu (26/11/2022). 

SURYA.CO.ID, MOJOKERTO - Pengerjaan pengecoran jalan nasional di wilayah Lengkong, Kecamatan Trowulan KM SBY 61+200, Kabupaten Mojokerto, akan dilakukan selama 24 jam. 

Hal ini dilakukan agar pengecoran jalan penghubung Surabaya-Mojokerto itu lebih cepat. 

Ditargetkan pengerjaan pengecoran jalan nasional tersebut bakal rampung sebelum H-7 Nataru (Natal dan Tahun) Tahun 2022.
 
Namun imbasnya terjadi kemacetan parah, bahkan kendaraan yang didominasi truk muatan berat dan mobil pribadi mengular hingga lebih dari satu kilometer dari arah Surabaya-Mojokerto, tepatnya di Simpang Tiga Jampirogo menuju Watesumpak, Trowulan. 

Pelaksana Teknis Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII (BBPJN) Jawa Bali, Risky mengatakan, penanganan jalan ini dilakukan di Simpang Tiga Lengkong, Kecamatan Trowulan

Adapun ruas jalan yang dilakukan pengecoran yakni panjang kurang lebih sekitar 200 meter.

Pengecoran jalan dilakukan, lantaran untuk memperbaiki kerusakan jalan akibat dilewati kendaraan berat yang berhenti di traffic light Lengkong, Trowulan.

”Kami lakukan pengecoran di sekitar traffic light itu, karena perlu kekuatan struktur jalan yang lebih tinggi sebab beban yang bekerja di situ selain beban bergerak juga beban berhenti,” jelasnya saat di konfirmasi SURYA.CO.ID melalui seluler, Sabtu (26/11/2022).

Pihaknya juga membuka beberapa titik median untuk keperluan rekayasa lalu lintas contraflow dan putar balik kendaraan.

”Antisipasi kemacetan ada beberapa titik median jalan yang dibuka untuk sementara contraflow kendaraan, dan kami juga sudah berkoordinasi dengan kepolisian untuk mengatur lalu lintas,” ucap Risky.

Seperti yang diberitakan, petugas Satlantas Polres Mojokerto menerapkan rekayasa lalu lintas contraflow untuk mengurai kemacetan di Jalan Raya Nasional Surabaya-Mojokerto.

Kepadatan kendaraan hingga mengular sepanjang lebih dari satu kilometer dari Jampirogo, Kecamatan Sooko ke Watesumpak, Trowulan, itu akibat dampak pengecoran jalan tersebut.

Polisi menerapkan contraflow, yakni jalan satu arah dari Jombang- Mojokerto, kini diubah menjadi dua lajur.

Kasi Pengendalian dan Operasional UPT LLAJ Mojokerto Dishub Provinsi Jatim, Yoyok Kristyowahono menyarankan agar pengguna kendaraan truk dan mobil pribadi melewati jalan tol.

Pengguna kendaraan dari arah Surabaya juga dapat melewati jalan alternatif Gedeg Mojokerto-Ploso Jombang untuk menghindari kemacetan parah yang disebabkan pengecoran jalan.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved