Berita Gresik

Pepes Bandeng Gresik Sepanjang 1,4 KM Jadi Rekor Dunia, Dimasak Serentak Selama 6 Har

diperlukan 9.000 ekor ikan bandeng lebih yang digagas oleh Aston Inn Gresik. Dan membutuhkan waktu enam hari untuk memasaknya.

Penulis: Willy Abraham | Editor: Deddy Humana
surya/willy abraham
Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani sedang menata pepes bandeng, Minggu (20/11/2022). 

SURYA.CO.ID, GRESIK - Kabupaten Gresik mengukuhkan diri sebagai daerah produsen bandeng terbesar di Indonesia secara fenomenal. Yaitu dengan memasak pepes bandeng sepanjang 1,4 KM yang telah memecahkan rekor MURI sekaligus menorehkan rekor dunia, Minggu (20/11/2022).

Untuk memasak pepes yang menjadi rekor dunia ini, diperlukan 9.000 ekor ikan bandeng lebih yang digagas oleh Aston Inn Gresik. Dan membutuhkan waktu enam hari untuk memasaknya.

Ribuan ikan bandeng dibeli dari sejumlah wilayah di Gresik. Seperti wilayah Bungah, wilayah Ujungpangkah dan lain sebagainya. Bandeng-bandeng tersebut dimasak oleh chef Aston Inn dibantu oleh sejumlah chef lainnya dari Jawa Timur, kemudian dibungkus daun pisang dan ditata memanjang di atas meja.

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani mengapresiasi pemecahan rekor MURI pepes bandeng terpanjang ini. Apalagi bandeng ini salah satu produk unggulan dan ikon Kabupaten Gresik.

"Hari ini menjadi hari yang luar biasa, sebab berkat pemecahan rekor MURI ini, menjadikan bandeng lebih dikenal sebagai salah satu identitas Kabupaten Gresik, Bandeng Gresik siap mendunia," kata Gus Yani, sapaan Bupati Gresik.

Gus Yani menuturkan, hingga kini para petani tetap konsisten dengan budidaya bandeng di Gresik. "Terbukti dari hasil budidaya bandeng, Gresik mampu menghasilkan sekitar 80 ribu ton tiap tahun," pungkasnya.

Selain itu, lanjut Gus Yani, pemda juga terus berkomitmen mempertahankan bandeng sebagai daya tarik Kabupaten Gresik. Melalui berbagai kegiatan, salah satunya melalui festival tradisi tahunan pasar bandeng.

"Seperti festival pasar bandeng sebagai warisan kearifan lokal yang juga mampu menumbuhkan ekonomi masyarakat lokal. Bandeng ya Gresik, Gresik ya bandeng," terangnya.

General Manager Aston Inn Gresik, S Paminta Nugraha mengungkapkan bahwa pemecahan rekor MURI ini adalah pemecahan rekor di bidang kuliner Nusantara. Yakni bentuk penyajian Pepes Bandeng terpanjang se-Indonesia.

"Pemecahan Rekor MURI ini tidak semata-mata untuk mendapatkan penghargaan saja. Namun ingin lebih memperkenalkan ke khalayak bahwa Gresik adalah daerah produsen bandeng terbesar di Indonesia," terangnya. ****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved