Berita Otomotif

Sepeda Motor Baru Juga Perlu Diperhatikan Agar Peforma Tetap Prima, Begini Cara Merawatnya

Persepsi yang salah kalau sepeda motor baru justru dianggap tidak perlu perawatan yang maksimal. Berikut beberapa tips merawat sepeda motor baru.

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Fikri Firmansyah
Deretan sepeda motor baru Yamaha Fazzio milik konsumen Surabaya tampak terparkir rapi di Yamaha Land. Diihimbau sepeda motor baru tetap dirawat untuk menciptakan performa yang tetap maksimal. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Memiliki sepeda motor baru merupakan pengalaman yang menyenangkan bagi seseorang. Terlebih jika anda sudah menginginkan motor itu sejak lama.

Biasanya, konsumen ingin motor baru terlihat kinclong selama di jalanan. Namun, banyak orang lupa bahwa sepeda motor baru juga perlu dirawat.

General Manager Service & Spare Part PT Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ), Ilham Wahyudi mengimbau bagi seluruh konsumen Yamaha untuk tetap merawat dan menjaga sepeda motor barunya guna menciptakan performa yang tetap maksimal.

“Apapun jenis motor barunya mulai dari matic, sport hingga bebek tetap harus dirawat supaya awet. Jadi persepsi yang salah kalau motor baru justru dianggap tidak perlu perawatan yang maksimal. Tujuannya pasti untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan,” ujar Ilham kepada SURYA.CO.ID, Kamis (20/10/2022).

Berikut beberapa tips yang dibagikan oleh Ilham untuk konsumen setia Yamaha agar Sepeda motor baru kesayangan tetap prima:

1. Panaskan Sepeda Motor Sebelum Dipakai

Memanaskan sepeda motor merupakan hal sederhana yang kadang diabaikan oleh pengendara. Tidak perlu lama memanaskan sepeda motor, cukup 2-5 menit di pagi hari sebelum motor digunakan untuk beraktivitas. Biarkan mesin melakukan persiapan terlebih dahulu. Kebiasaan inilah yang akan membuat mesin dapat bertahan lebih lama.

2. Gunakan Bahan Bakar yang Berkualitas

Pemilihan bahan bakar menjadi hal yang berpengaruh besar terhadap keawetan dan performa mesin. Terlebih sepeda motor keluaran Yamaha sudah menerapkan sistem injeksi dan hemat bahan bakar. Sehingga untuk membuat sistem ini bekerja dengan baik, gunakan bahan bakar beroktan di atas 90. Hal ini guna menciptakan pembakaran yang sempurna dan tidak menyisakan kerak.

3. Rutin Bersihkan Motor

Rutin mencuci maupun mengelap sepeda motor juga berguna untuk menjaga tampilan motor. Bersihkan menggunakan shampo khusus sepeda motor, karena tidak akan merusak body motor. Untuk bagian roda bisa dibersihkan menggunakan sikat agar lebih detail dalam membersihkan. Setelah dicuci, pastikan untuk mengelap sepeda motor agar tidak menyisakan bercak di body motor.

4. Hindari Parkir di Ruang Terbuka

Bukan berarti sepeda motor tidak boleh digunakan saat siang hari, namun hindari parkir terbuka. Sebab, sinar UV dapat membuat body sepeda motor pudar secara cepat. Selain itu, paparan sinar matahari juga bisa menyebabkan garis pada speedometer. Pastikan untuk memilih tempat yang tertutup untuk menjaga kondisi kendaraan anda.

5. Hindari Membawa Barang Berlebihan

Beban yang berat akan membuat sepeda motor bekerja lebih keras. Alhasil mesin dituntut untuk bekerja secara berlebih untuk menghasilkan tenaga di luar batas. Jika anda terpaksa harus mengakut beban secara berlebih, hindari perjalanan yang jauh.

Ilham juga menambahkan, untuk lebih mudahnya dalam merawat sepeda motor baru Yamaha, konsumen Yamaha di Jawa Timur (Jatim) bisa juga langsung membawanya ke bengkel resmi.

"Terlebih, konsumen yang membeli sepeda motor baru Yamaha, khususnya di Jatim juga akan mendapatkan fasilitas service gratis di bengkel resmi Yamaha. Jasa service gratis ini dapat dinikmati selama 4 kali sesuai tanggal yang ditetapkan dalam kartu panduan KSG. Sehingga motor baru anda akan tetap dalam kondisi yang prima," pungkasnya.

BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved