Pilpres 2024

Pengamat: Pernyataan Ganjar Pranowo Siap Maju Capres 2024 Bagian Taktik PDIP Untuk Hattrick Pilpres

Pernyataan Ganjar Pranowo siap maju jadi capres 2024 disebut pengamat politik Aditya Perdana sebagai strategi politik PDIP agar bisa hattrick Pemilu.

Editor: Iksan Fauzi
IST
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam acara dialog kebangsaan yang digelar Pengda Kagama Sumsel di Hotel Swiss Bell Makassar, Minggu (9/10/2022). Pengamat: Pernyataan Ganjar Pranowo Siap Maju Capres 2024 Bentuk Taktik PDIP Untuk Hattrick Pilpres 

SURYA.co.id | JAKARTA - Pernyataan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo siap maju jadi capres 2024 disebut oleh pengamat politik Aditya Perdana sebagai strategi politik PDIP agar bisa hattrick pemilu.

Pasalnya, PDIP sebelumnya menginginkan kemenangan pemilu lanjutan setelah Joko Widodo (Jokowi) menjabat sebagai Presiden selama dua periode.

Menurut Aditya, jika PDIP ingin menang kembali, maka harus mengusung calon yang memiliki potensi kemenangan tinggi.

Selama ini, di internal partai berlogo banteng itu, nama Ganjar selalu dihadapkan dengan Puan Maharani, Ketua DPR RI sekaligus putri Megawati Soekarnoputri yang notabene Ketua Umum PDIP.

"Keinginan PDIP melakukan hattrick (tiga kali) kemenangan dalam pemilu legislatif akan mudah dilakukan apabila, tentu, capres yang didukung juga memiliki potensi kemenangan yang tinggi (efek ekor jas)," ujar Aditya lewat keterangan tertulis yang diterima Kompas.com (grup SURYA.co.id), Kamis (20/10/2022).

Sebaliknya, apabila PDIP memaksakan diri mendukung calon presiden dengan elektabilitas dan popularitas yang rendah,hattrick kemenangan itu dinilai bakal sulit tercapai.

"Ini yang menurut pandangan saya sedang berdinamika di internal PDIP dengan perhitungan-perhitungan yang cermat. Dan pernyataan kesiapan Ganjar ini mungkin dapat diinterpretasikan sebagai kode awal dari PDIP," tambah dosen Departemen Ilmu Politik Universitas Indonesia itu.

Aditya sekaligus Direktur Eksekutif Algoritma ini menilai bahwa pernyataan Ganjar Pranowo siap untuk maju sebagai capres tak terlepas dari taktik partainya, PDI-P.

Aditya menilai, pernyataan Ganjar tersebut menarik untuk disimak karena keputusan PDI-P soal pilihan capres pada Pemilu 2024 belum disampaikan secara langsung.

"Pernyataan Ganjar ini adalah sinyal, bukan hanya dari pribadi Ganjar, melainkan kode yang sedang dipersiapkan oleh PDI-P untuk segera membentuk koalisi pencapresan," ungkap Aditya.

Pernyataan Ganjar, menurut Aditya, tak bisa dilepaskan dari realitas politik yang dihadapi Ganjar.

Ia dianggap sedang memberitahu publik bahwa ada perdebatan serius dalam menentukan arah dukungan capres di dalam internal dan elite partainya.

Sebelumnya diberitakan, Ganjar akhirnya buka suara soal kesiapannya maju pada Pilpres 2024.

"Ketika partai kemudian sudah membahas secara keseluruhan dan dia akan mencari anak-anak bangsa yang menurut mereka terbaik, menurut saya, semua orang musti siap akan hal itu," kata Ganjar, dikutip dari wawancara yang diunggah kanal YouTube BeritaSatu, Selasa (18/10/2022).

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved