Seusai Lakukan Pemeriksaan, Kapolri Jamin 3 Kapolda Tak Terlibat Kasus Ferdy Sambo

Soal dugaan keterlibatan tiga Kapolda dalam pusaran kasus Ferdy Sambo, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan sudah melakukan pemeriksaan.

Youtube
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjamin bahwa tiga Kapolda tidak terlibat dalam kasus Ferdy Sambo, dalam konferensi pers yang dilakukan di Mabes Polri, Jumat (30/9/2022). 

SURYA.CO.ID - Mengenai dugaan keterlibatan tiga Kapolda dalam pusaran kasus Ferdy Sambo, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan sudah melakukan pemeriksaan pada tiga anggotanya.

Dia menyatakan, telah menelusuri informasi tiga anggotanya yang diduga terlibat dalam skenarion Ferdy Sambo pada pembunuhan Brigadir J.

Hal itu seperti yang disampaikan langsung oleh Listyo Sigit dalam konferensi pers yang digelar di Mabes Polri, Jumat (30/9/2022).

Baca juga: KONDISI TERKINI Istri Ferdy Sambo Ditahan di Mabes Polri dan Tangis Pilu Ibu Brigadir J Singgung ini

"Terkait dengan keterlibatan tiga Kapolda di kasus FS, tim Propam, tim Irsus sudah memeriksa, dan sampai saat ini, kesimpulannya tidak ada keterkaitan dengan skenario kasus FS," terang Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Ini supaya menjadi jelas, supaya tidak menjadi polemik," tuturnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, beredar kabar mengenai keterlibatan tiga Kapolda dalam kasus obstruction of justice penanganan perkara pembunuhan Brigadir J.

Ketiga kapolda itu dikabarkan membantu menyebarkan cerita pembunuhan Brigadir Yosua versi Ferdy Sambo.

Baca juga: Istri Ferdy Sambo Segera Disidangkan, Akan Ditahan Kejagung? Ini Jawaban Jaksa Agung ST Burhanuddin

Ferdy Sambo Bukan Lagi Anggota Kepolisian

Melansir Kompas TV, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan, Ferdy Sambo sudah bukan lagi anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

“Terkait dengan status FS beberapa waktu yang lalu, kita sudah mengirimkan surat terkait dengan penolakan banding yang bersangkutan, untuk proses PTDH (pemberhentian tidak dengan hormat, -red), dan barusan kami juga sudah mendapatkan informasi,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Jumat (30/9/2022).

“Bahwa keputusan PTDH dari Istana dari Sesmilpres (Sekretariat Militer Presiden RI, -red), kami tadi sudah dihubungi, sudah dikeluarkan. Oleh karena itu, status FS secara resmi saat ini sudah tidak menjadi anggota Polri,” imbuhnya.

Berkaca pada kasus yang disebabkan Ferdy Sambo, Kapolri pun menegaskan kepada jajarannya untuk memegang komitmen sebagai anggota Polri yang lebih baik.

Caranya, dengan terus melakukan evaluasi di berbagai bidang antara lain structural, instrumental, hingga kultural.

“Ke depan tentunya menjadi komitmen kami, karena kami sadar bahwa dampak dari kasus ini betul-betul menggerus kepercayaan publik terhadap Polri. Oleh karena itu, kami semua jajaran berkomitmen tentunya untuk melakukan langkah-langkah perbaikan dan evaluasi,” ujarnya.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved