Berita Situbondo

Sering Terlambat, Bupati Karna Disemprit Anggota DPRD Situbondo saat Sidang Paripurna

Anggota DPRD Situbondo menilai Bupati Karna tidak konsisten atau selalu tidak tepat waktu menghadiri acara sidang paripurna, 

Penulis: Izi Hartono | Editor: irwan sy
izi hartono/surya.co.id
Suasana rapat paripurna pengesahan Raperda PAPBD tahun anggaran 2022 di kantor DPRD Situbondo. 

Berita Situbondo

SURYA.co.id | SITUBONDO - Bupati Karna Siswandi disemprit anggota DPRD Situbondo.

Anggota dewan menilai Bupati Karna tidak konsisten atau selalu tidak tepat waktu menghadiri acara sidang paripurna, 

Lontaran kritikan disampaikan oleh anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Tolak Atin, saat rapat paripurna tentang persetujuan Raperda PAPBD tahun anggaran 2022 di kantor DPRD Situbondo.

Menurut Tolak Atin, pihaknya tidak di posisi menyemprit bupati, akan tetapi ini berkaitan dengan kinerja pemerintah daerah secara keseluruhan.

"Ini akuntabilitas pemerintah dan bukan per instansi, tetapi ketika ada fakta sering molor atau ditunda tidak jelas dengan jadwal yang ada. Ini kan memalukan," kata politisi PKB kepada Surya seusai sidang di ruang komisi IV DPRD Situbondo.

Akibat sering molornya sidang ini, kata Tolak Atin, lembaga DPRD merasa malu terhadap instans vertikal, di antara Kejaksaan, Pengadilan, Kodim 0823 serta Kepolisian.

"Lembaga yang diundang menunggu dan menunggu. Kalau kepala instansinya yang datang, maka ini akan mengganggu kinerja vertikal," jelasnya.

Untuk memperbaiki kinerja pemerintah dalam jadwal, pihaknya menyampaikan di rapat paripurna berharap ke depannya akan lebih baik.

Apalagi rapat paripurna yang digelar di paripurna pengesahaan PAPBD yang merupakan kegiatan sakral.

"Tadi kami minta kepada sekretaris DPRD dan Pemkab untuk sinkronisasi, data yang di Banmus itu segera langsung disampaikan ke bagian protokoler humas di Pemkab," ujarnya.

Tujuan sinkronisasi data jadwal kegiatan di DPRD dan Pemkab ini, maka nantinya tidak akan terjadi bentrok kegiatan antara kegiatan bupati di luar dengan kegiatan bupati di DPRD Situbondo.

"Makanya ke depan tadi berharap kepada semua pihak, termasuk kepada anggota DPRD. Evaluasi ini benar-benar menyeluruh, sudah berapa kali ini proses pengesahan PAPBD terganggu yang sifatnya sakral ini," harapnya.

Paripurna pengesahaan PAPBD ini sangat penting, karena ini rohnya daerah ini PAPBD.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved