Berita Otomotif

Pakai Ban Tubeless Ternyata Banyak Untungnya, Begini Penjelasan Yamaha STSJ

Yamaha STSJ menganjurkan agar pengendara sepeda motor Yamaha untuk menggunakan ban ASLI Yamaha, karena terjamin kualitasnya dan lebih nyaman

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Cak Sur
Istimewa
Pengendara Yamaha XSR 155. Motor berkapasitas mesin 155 cc ini telah menggunakan ban tubeless untuk kenyamanan berkendara. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Ban merupakan komponen kendaraan yang langsung menyentuh aspal. Walaupun memiliki bentuk yang sama, namun ban memiliki beragam jenis yang berbeda.

Misalnya saja ban tubeless. Ban jenis ini merupakan ban yang kerap digunakan oleh konsumen, karena dianggap mudah perawatannya serta lebih aman dan nyaman.

General Manager Service & Spare Part PT Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ), Ilham Wahyudi menganjurkan agar pengendara sepeda motor Yamaha untuk menggunakan ban ASLI Yamaha.

Selain terjamin kualitasnya, pengendara akan mendapatkan kenyamanan dalam berkendara.

“Masih banyak konsumen yang beranggapan bahwa semua jenis ban sepeda motor itu sama. Padahal karakter ban itu berbeda-beda. Salah satu ban yang kami rekomendasikan memang ban tubeless. Ketika sudah menggunakan ban tubeless, tidak perlu menggunakan ban dalam,” ungkap Ilham. Senin (12/9/22).

Adapun untuk kelebihan yang dimiliki oleh ban tubeless, Ilham mengungkapkan meliputi banyak hal.

"Ban ini memiliki daya tahan yang lebih kuat di antara jenis ban lainnya. Jadi, jika dibandingkan dengan ban lainnya, ban tubeless memiliki karakter yang lebih kuat. Hal ini disebabkan karena terdapat fluid sealant yang berfungsi untuk merekatkan ban yang tertusuk oleh benda tajam," imbuhnya.

Selain itu, lanjutnya, ban tubeless juga memiliki perawatan yang lebih sederhana.

"Konsumen cukup menjaga tekanan angin ban sepeda motor serta menjaga kebersihan ban dan velg agar mencegah kelonggaran yang bisa mengganggu tekanan angin pada ban kendaraan," sambung dia.

Bahkan, jika mengalami kebocoran, ban tubeless cenderung memiliki waktu yang singkat untuk penambalan. Karena proses penambalannya tidak melepas ban.

Di pasaran juga di jual cairan khusus anti bocor untuk ban tubeless, sehingga ketika ban tertusuk benda tajam, cairan tersebut membantu mencegah kebocoran udara.

Namun demikian, seringkali konsumen beranggapan, jika sudah diberikan cairan anti bocor tidak perlu dibawa ke bengkel. Padahal ban tetap perlu ditambal agar lubang tersebut tidak semakin lebar.

"Untuk urusan lebih mudah, konsumen Yamaha bisa mendapatkan ban tubeless ASLI dari Yamaha di seluruh bengkel resmi Yamaha terdekat. Informasi lebih lanjut dapat dilihat melalui instagram @Yamahafriends atau CS Yamaha STSJ di 08228–7777–898," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved