Berita Surabaya

Selama Kualifikasi Piala AFC U-20 di Surabaya, Angkutan Sampah ke TPA Benowo Dilakukan Malam Hari

Persiapan kualifikasi Piala AFC U-20 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, satu di antara yang menjadi perhatian pemkot adalah bau sampah

Penulis: Bobby Constantine Koloway | Editor: Cak Sur
Istimewa
Pemkot Surabaya memasang geomembran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo untuk mengatasi bau sampah jelang persiapan kualifikasi Piala AFC U-20 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Persiapan kualifikasi Piala AFC U-20 di Surabaya nyaris mencapai titik akhir. Sejumlah teknis terus diselesaikan, baik di dalam Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) maupun kawasan di sekitarnya.

Satu di antara yang menjadi perhatian Pemkot Surabaya adalah masalah bau sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo yang lokasinya tak jauh dari Stadion GBT.

Hingga Rabu (7/9/2022), bau sampah menyisakan di satu titik dari sembilan titik di Stadion GBT yang disurvei.

"Hasilnya, tinggal 1 titik yang masih tercium bau, yaitu di luar Stadion GBT yang dekat dengan pintu masuk TPA. Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata bau itu berasal dari ceceran lindi," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro, Kamis (8/9/2022).

Air lindi merupakan cairan yang berasal dari timbunan sampah. Menurut penjelasan Hebi, ceceran air lindi di pintu masuk TPA Benowo berasal dari truk yang membawa sampah yang hilir mudik setiap hari.

Terkait permasalahan bau sampah tersebut, pihaknya lantas berkoordinasi dengan dengan ahli lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Dari koordinasi ini, ada startegi yang diambil.

Pertama, membersihkan ceceran air lindi secara berkala dengan penyemprotan air. Kemudian, DLH juga akan menyiramkan Effective Microorganisme (EM) 4 yang akan mempercepat proses penguraian secara alami.

Selanjutnya, waktu distribusi sampah dari TPS ke TPA juga akan diubah. Dari yang awalnya pagi hingga siang, menjadi malam hingga pagi.

"Kami sudah coba solusi ini pada Kamis (8/9/2022) dan hasilnya tak ada bau. Rencananya, nanti sampah akan diangkut sekitar pukul 12 malam hingga dini hari untuk selanjutnya kami lakukan penyemprotan," jelasnya.

Selain masalah tersebut, DLH memastikan seluruh fasilitas yang menjadi tanggungjawabnya siap.

"Untuk yang di dalam GBT sudah tak ada bau," ujar Agus Hebi.

Sebelumnya, Pemkot Surabaya memastikan tak ada bau sampah di Stadion GBT. Pemkot Surabaya saat ini telah tuntas memasang geomembran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo yang lokasinya tak jauh dari Stadion GBT.

Pemasangan geomembran telah dilakukan sejak pertengahan tahun lalu di seluruh lokasi TPA.

"Penutupan (dengan) membran sekarang sudah 100 persen. Itu yang sudah kami lakukan," ungkap Hebi sebelumnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved