Berita Lamongan

Program Perintis, Peluang Bagi Tahfidz Quran di Lamongan untuk Nikmati Pendidikan Hingga S2

Bagi yang ekonominya kurang beruntung dianggarkan beasiswa pendidikan untuk 7.230 siswa dan mahasiswa.

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Titis Jati Permata
surya.co.id/hanif manshuri
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat acara Wisuda Tahfidz 2022 di Pendopo Lokatantra Lamongan, Selasa (30/8/2022). 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Pemkab Lamongan terus mengembangkan mutu pendidikan.

Bagi yang ekonominya kurang beruntung dianggarkan beasiswa pendidikan untuk 7.230 siswa dan mahasiswa.

Kuota itu juga termasuk untuk para tahfidz Al-quran.

Para tahfidz, menurut Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan beasiswa dalam menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi.

"Mereka harus diantisipasi jangan sampai memiliki sikap dogmatis, " kata Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat Wisuda Tahfidz 2022 di Pendopo Lokatantra Lamongan, Selasa (30/8/2022).

Menurutnya, di era kemajuan teknologi dan globalisasi tentu memiliki dampak positif dan negatif.

Maka sebagai pegangannya harus tetap berpedoman kepada Quran.

Hanya saja, jangan sampai menjadi seorang Tahfidz yang memiliki sikap dogmatis.

"Jadi harus terus memiliki pola pikir luas untuk menghadapi kemajuan zaman," kata Kaji Yes.

Makanya, masih kata Yuhronur, untuk menunjang tujuan tersebut Pemkab telah menyediakan beasiswa untuk kuota sebanyak 7.230 siswa.

Para Tahfidz di Lamongan berkesempatan mendapatkan beasiswa Pendidikan Berkualitas dan Gratis (Perintis) dengan kategori tahfidz Quran, yang diperuntukkan bagi tahfidz yang ingin melanjutkan jenjang S1 hingga S2.

Pihaknya tidak hanya melepas program beasiswa, gerakan Lamongan menghafal Al- quran juga harus dijalankan sebagaimana tertuang pada visi RPJMD.

Menghafal Al-quran itu sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Lamongan dalam meningkatkan kualitas pendidikan baik formal maupun non formal serta untuk menumbuhkan generasi berakhlaq mulia dan cinta Quran.

"Pemkab Lamongan terus mendukung pemaksimalan kualitas pendidikan di Lamongan baik secara formal maupun non formal, salah satunya dengan mengadakan gerakan Lamongan menghafal Quran juga dengan memberikan beasiswa kepada para tahfidz," ungkapnya.

Sekretaris Daerah Lamongan, Moh. Nalikan yang juga Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Lamongan berterimakasih pada pembimbing para tahfidz.

"Terimakasih kepada pembimbing tahfidz Lamongan. Beliau-beliau telah membantu kami untuk membumikan A-quran di Lamongan," katanya.

Dikatakan, dari 4.326 tahfidz yang hari ini diwisuda terdiri dari 2293 tingkat SD/MI/sederajat, 1.947 tingkat SMP/MTs/sederajat, 66 SMA/MA/sederajat, dan 20 dari Pondok Pesantren telah berhasil lolos dari ujian hafalan pada Juli lalu.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved