Berita Surabaya

Gandeng Fotografer, Tokopedia Bagi 5 Tips Memotret Produk yang Menarik untuk Tampil di e-Commerce

Pelaku bisnis di Tokopedia dapat menghasilkan foto yang dapat menarik perhatian calon pembeli

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: irwan sy
Foto:tokopedia
ILustrasi aplikasi Tokopedia. 

Berita Surabaya

SURYA.co.id | SURABAYA - Ada lima tips utama dalam memotret produk yang akan ditampilkan di e-commerce, meliputi pencahayaan yang baik, tentukan titik fokus foto, pastikan banyak angle, perhatikan komposisi penataan dan gunakan elemen tambahan.

Hal itu diungkapkan fotografer profesional, Putra Djohan, saat menjadi narasumber dalam virtual media workshop bertajuk 'Tingkatkan Daya Tarik Toko Melalui Foto Produk yang Menarik' yang digelar Tokopedia.

"Pelaku bisnis di Tokopedia dapat menghasilkan foto yang dapat menarik perhatian calon pembeli," kata Putra, mengawali paparannya.

Terkait pencahayaan yang baik, Putra menyebut, pencahayaan ini bisa berasal dari cahaya natural (matahari) atau buatan (menggunakan lampu).

“Perlu juga diperhatikan arah sumber cahaya agar dapat menonjolkan setiap detail produk,” tambah Putra.

Kemudian untuk tentukan titik fokus foto, penjual harus memperhatikan agar foto yang ditampilkan di Tokopedia terlihat fokus dan jelas sehingga lebih menarik perhatian pembeli.

"Selanjutnya, pastikan banyak angle. Untuk foto yang ditampilkan pada e-commerce, saya sarankan agar ditampilkan berbagai macam angle. Contohnya di kategori Makanan dan Minuman, ada beberapa angle yang populer seperti 45 degree (berdimensi, sesuai dengan angle ketika kita makan) dan Flatlay (tidak berdimensi, penataan harus benar-benar baik di atas meja),” beber Putra.

Untuk komposisi penataan, ada beberapa komposisi penataan yang bisa digunakan oleh penjual pada foto produk, di antaranya, 2 Dimensional (tidak menggambarkan dimensi dan bentuk obyek), 3 Dimensional (menggambarkan dimensi dan bentuk obyek), produk saja (tanpa ada tambahan obyek lain), dan tambah obyek lain (menata produk dengan obyek pendukung lain agar foto lebih indah).

"Tak kalah penting adalah dengan menggunakan elemen tambahan. Jika penjual ingin menambah tekstur pada foto, bisa menggunakan tambahan elemen," papar Putra.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved