Berita Surabaya

CSR PT PJB Ciptakan Gunungan Berkah dari Gunungan Sampah

Program CSR PT PJB ini untuk memberdayakan kelompok pemuda di lingkungan sekitar bidang kewirausahaan sosial.

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: irwan sy
PJB
Salah satu program CSR PT PJB yang bekerja sama dengan bank sampah yang mengolah gunungan sampah menjadi gunungan berkah. 

Berita Surabaya

SURYA.co.id | SURABAYA - PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) melalui salah satu Unit Pembangkitnya, UP Muara Karang berhasil mengubah keresahan masyarakat akan pencemaran sampah menjadi berkah melalui salah satu Program CSR unggulannya, yaitu Bank Tama (Bank Sampah Bahari Utama).

Program CSR ini selain dapat mewujudkan lingkungan yang lebih baik, juga memberdayakan kelompok pemuda di lingkungan sekitar bidang kewirausahaan sosial.

Dikutip melalui data Indeks Potensi Kerawanan Sosial (IPKS) pada tahun 2019, Kelurahan Pluit menjadi kawasan dengan tumpukan sampah tertinggi di Kota Jakarta.

Tak hanya itu, Pesisir Muara Angke di mana UP Muara Karang yang masuk dalam wilayah tersebut, menjadikannya sebagai salah satu area dengan tumpukan sampah tertinggi.

Hal ini dikarenakan area tersebut menjadi muara dari 13 sungai yang ada.

Direktur Utama PJB, Gong Matua Hasibuan menyampaikan salah satu tujuan PJB dalam menangani permasalahan sampah yang telah menggunung tersebut.

Menurutnya, sudah menjadi DNA di tubuh PJBers untuk turut bertumbuh kembang dan berkontribusi positif terhadap lingkungan dan masyarakat di sekitar unit bisnisnya.

"Salah satu tujuan dari PJB Muara Karang bekerja sama dengan masyarakat membangun Bank Tama adalah untuk mengatasi adanya masalah sampah yang dihadapi oleh masyarakat. Kegiatan yang awalnya hanya mengelola sampah plastik ini, di dalam masa pengembangan akhirnya dijadikan sebagai pusat pengumpulan dan pengolahan sampah organik maupun non-organik," kata Gong Matua, Kamis (24/8/2022).

Sinergi yang apik antara PJB dan masyarakat menghasilkan pengelolaan sampah organik yang ramah lingkungan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved