Pemilu 2024

Jelang Pemilu 2024, KPU Kabupaten Kediri Lakukan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan

KPU Kabupaten Kediri telah melaksanakan Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) tahun 2022

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Titis Jati Permata
surya.co.id/aflahul abidin
Foto Ilustrasi, penyortiran dan pelipatan surat suara jelang Pemilu 

SURYA.CO.ID, KEDIRI - KPU Kabupaten Kediri telah melaksanakan Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) tahun 2022 periode bulan Juli.

Anggota KPU Kabupaten Kediri, Eka Wisnu Wardhana menjelaskan, kegiatan rekapitulasi DPB telah diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum nomor 6 Tahun 2021 tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan.

"KPU Kabupaten Kediri telah melakukan pemutakhiran dan Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan setiap bulannya.

Hal ini dilakukan untuk terus melakukan update daftar pemilih guna menciptakan daftar pemilih yang mutakhir," jelas Eka Wisnu Wardhana, Kamis (28/7/2022).

Baca juga: Pernah Tersangkut Kasus Asusila, Pemuda Blitar Ini Kembali Berurusan dengan Polisi Usai Mencuri

Dijelaskan, dalam proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan periode bulan Juli 2022, KPU Kabupaten Kediri menggunakan beberapa sumber masukan yang meliputi data hasil sanding data antara DPB dengan Siak yang dilakukan KPU RI.

Kemudian data pemilih pemula yang diperoleh dari Kantor Dispendukcapil Kabupaten Kediri dan data pemilih meninggal yang diperoleh dari Bawaslu Kabupaten Kediri dan juga hasil dari self assessment oleh KPU Kabupaten Kediri berupa data ganda.

Dari beberapa sumber masukan yang diperoleh, kemudian KPU Kabupaten Kediri melakukan rekapitulasi diantaranya Pemilih Pemula sejumlah 987 pemilih, Pemilih Pindah Masuk sejumlah 4.991 pemilih, Pemilih Pindah Keluar sejumlah 5.511 pemilih, Pemilih Ganda sejumlah 68 pemilih dan Ubah Elemen data sejumlah 66 pemilih.

Sehingga diperoleh rekap Daftar Pemilih Berkelanjutan periode bulan Juli sejumlah 1.243.647 pemilih dengan rincian 623.388 pemilih laki-laki dan 620.259 pemilih perempuan yang tersebar di 26 kecamatan, 344 desa dan kelurahan dan 5.758 TPS.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved