Berita Surabaya

Alasan Julianto Eka Baru Ditahan Meski Sudah Disidang Sebanyak 19 Kali

JE baru ditahan hari ini setelah Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, mengajukan permohonan kedua kali, yang dilayangkan langsung ke Pengadilan Negeri Malang.

Penulis: Febrianto Ramadani | Editor: Rahadian Bagus
Kolase tangkapan layar
Mengapa Julianto Eka Putra selaku terdakwa dugaan pencabulan belasan siswi SMA SPI Kota Batu baru sekarang ditahan? Ini penjelasan jaksa. 

SURYA.CO.ID|SURABAYA - Terdakwa kasus pelecehan seksual, sekaligus pendiri Sekolah Selamat Pagi Indonesia (SPI) Batu, Julianto Eka Putra (JE), telah ditahan pada Senin (11/7/2022).

Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur Mia Amiati mengatakan, kasus JE sendiri sudah disidang sebanyak 19 kali.

Penahanan pelaku membutuhkan waktu yang lama.

Mia menuturkan, JE baru ditahan hari ini setelah Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, mengajukan permohonan kedua kali, yang dilayangkan langsung ke Pengadilan Negeri Malang.

"Pengadilan Negeri Malang menilai Julianto sangat kooperatif. Sehingga dari pertimbangan itulah membuat yang bersangkutan belum ditahan," ujar Mia, Senin (11/7/2022).

Setelah permohonan itu diterima, lanjut Mia, surat penahanan dari majelis hakim Pengadilan Negeri Malang itu terbit pada pukul 14.00 WIB.

Seketika, JE langsung dijemput di kediamannya di Citraland Surabaya.

Menurut Mia, 9 saksi dan korban sempat mendapat intimidasi dari pelaku.

Tujuannya, agar saksi dan korban menarik tuntutannya dari pengadilan.

"Dengan cara saksi dan korban dihubungi lewat WhatsApp. Ada juga yang keluarganya dikasih fasilitas materi supaya orang tua korban mencabut laporan kasus itu," terangnya.

"Yang bersangkutan langsung dibawa ke Lapas Lowokwaru Malang. Serta menjalani swab test untuk mengecek penyebaran Covid-19. Hasilnya Alhamdulillah negatif," imbuhnya.

JE akan disidang di PN Malang pada 20 Juli mendatang. Atas kejahatan itu, JE dijerat Pasal 81 ayat 2 UU Perlindungan Anak Juncto Pasal 64 ayat 1 KUHP dengan ancaman penjara 15 tahun.

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved