Berita Banyuwangi

Bersama Kepolisian, Banyuwangi Gerak Cepat Tertibkan Oknum yang Palak Wisatawan

Pemkab Banyuwangi bergerak cepat menertibkan oknum yang diduga melakukan pemalakan wisatawan di salah satu destinasi wisata.

Penulis: Haorrahman | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Haorrahman
Kepala Disbudpar Banyuwangi, M Yanuar Bramuda. 

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Pemkab Banyuwangi bergerak cepat menertibkan oknum yang diduga melakukan pemalakan wisatawan di salah satu destinasi wisata.

Jajaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi, bersama pihak kepolisian dan kepala desa setempat segera melakukan identifikasi terduka oknum pelaku pemalakan wisatawan di Pantai Bangsring, Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi.

"Tadi malam saya ditelepon Ibu Bupati (Ipuk Fiestiandani) dan diperintah untuk bergerak cepat. Pagi tadi kami telah berkoordinasi dengan polsek dan kades setempat untuk melakukan penyelidikan terhadap terduga oknum pelaku pemalakan. Jika terbukti benar, tentu akan ada tindakan tegas," papar Kepala Disbudpar Banyuwangi M Yanuar Bramuda, Kamis (7/7/2022).

Sebelumnya, beredar keluhan wisatawan yang mengaku mengalami pungli saat berwisata ke destinasi di Pantai Bangsring. Lewat unggahannya di media sosial, korban menceritakan dipaksa membayar Rp 150 ribu oleh seorang oknum sebagai ongkos pengawalan menuju destinasi wisata yang membuat korban merasa kurang nyaman.

"Atas nama pemerintah daerah, kami sangat menyesalkan kejadian ini. Kami juga memohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Ini akan menjadi bahan evaluasi kami untuk perbaikan pariwisata Banyuwangi ke depan," kata Bramuda.

“Jangan sampai ulah oknum, kemudian merusak momentum pemulihan ekonomi sektor wisata,” tegas Bramuda.

Selain langkah penyelesaian, pemkab juga menyiapkan langkah antisipatif guna mencegah kejadian berulang.

"Kami juga menggelar rapat bersama seluruh pelaku pariwisata di Desa Bangsring, polsek, satpol pp, kepala desa, BPD dan Forpimka Wongsorejo untuk menyusun SOP termasuk soal penataan kendaraan, demi menjaga kenyamanan pengunjung, " tambah Bramuda.

 
 

 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved