Berita Surabaya

Terima Curhat Peternak, Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad Dorong Pemprov Optimal Tanggulangi PMK

Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad dicurhati peternak yang mengaku kesulitan membeli obat herbal untuk sapi perah yang terpapar PMK.

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Bobby Constantine Koloway
Wakil Ketua DPRD Jawa Timur, Anwar Sadad. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad mendorong Pemprov Jatim untuk terus mengoptimalkan penanggulangan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di Jawa Timur.

Terobosan disebut perlu terus dilakukan. Termasuk lantaran masuk kategori bencana, maka seharusnya dapat menggunakan Belanja Tidak Terduga (BTT) layaknya pandemi Covid-19.

Ini disampaikan Sadad seusai meninjau secara langsung kandang peternakan sapi perah di kawasan Desa Tlogosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Minggu (3/7/2022) petang.

"Karena sesuai SK Gubernur masuk bencana, ya harus berani menerapkan BTT ini berpacu dengan waktu," kata Sadad, Senin (4/7/2022).

Dalam kunjungannya tersebut, Sadad dicurhati peternak yang mengaku kesulitan membeli obat herbal untuk sapi perah yang terpapar PMK. Untuk upaya penyembuhan, peternak harus merogoh kocek dengan jumlah yang tidak sedikit.

Politisi yang juga Ketua DPD Gerindra Jatim itu menjelaskan, dalam penanganan PMK upaya memang harus dilakukan secara lebih serius. Apalagi, menyangkut peternak yang terimbas lantaran kehilangan pemasukan.

Curhatan itu diharapkan dapat dikawal oleh Sadad untuk disampaikan kepada Pemprov Jatim. Menurut Sadad, pihaknya akan berkomunikasi dengan Wagub Jatim Emil Dardak yang saat ini juga menjadi Plt Gubernur Jatim, karena Khofifah Indar Parawansa menunaikan ibadah haji.

Di sisi lain, komunikasi juga akan dilakukan dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

"Saya kira pemprov perlu datang dan melihat langsung, agar tahu formulanya. Apalagi ini sudah wabah, ini penting agar tidak semakin buruk. Kalau bisa, duduk bareng dengan peternak agar ketemu solusinya," ucap politisi asal Pasuruan itu.

 
 

 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved