G30SPKI

7 Fakta Pasukan Cakrabirawa yang Dianggap Sebagai Eksekutor G30S/PKI: Ini Pengakuan Mantan Anggota

Berikut fakta-fakta tentang Pasukan Cakrabirawa yang selama ini dianggap sebagai eksekutor Gerakan 30 September atau G30S/PKI.

IST/Wartakota
Pasukan Cakrabirawa. Simak fakta-fakta tentang Pasukan Cakrabirawa yang selama ini dianggap sebagai eksekutor Gerakan 30 September atau G30S/PKI. 

SURYA.co.id - Berikut fakta-fakta tentang Pasukan Cakrabirawa yang selama ini dianggap sebagai eksekutor Gerakan 30 September atau G30S/PKI.

Diketahui, Pasukan Cakrabirawa langsung tercoreng setelah beberapa anggotanya terpengaruh PKI dan menjadi eksekutor dalam aksi G30S/PKI.

Pasukan yang bertugas sebagai pengawal Presiden Soekarno ini, satu per satu anggotanya ditangkap untuk diselidiki keterlibatannya dengan PKI.

Bahkan, beberapa mantan anggotanya mengaku langsung dijebloskan ke penjara tanpa proses persidangan.

Lantas, seperti apa profil Pasukan Cakrabirawa? Dan bagaimana pengakuan mantan anggotanya?

Berikut ulasan selengkapnya.

1. Awal terbentuk

Sebelum Proklamasi Kemerdekaan RI dikumandangkan, sudah dibentuk sebuah Polisi Istimewa (Tokubetsu Keisatsu Tai) yang bertugas untuk mengawal presiden.

Seperti dilansir dari buku 'Maulwi Saelan, Penjaga Terakhir Soekarno' karangan Asvi Arwan Adam dkk, Penerbit Kompas Gramedia (2014).

Di wilayah Jakarta, Polisi Istimewa tersebut dijuluki “Polisi Macan” di bawah pimpinan Gatot Suwiryo.

Polisi Macan inilah yang menjadi cikal bakal pasukan Cakrabirawa.

Pada tahun 1945, Gatot memindahkan anggota Polisi Macan ke Pasukan Pengawal Pribadi Presiden (Tokomu Kosaku Tai) di bawah pimpinan Mangil Martowidjojo

Pasukan ini bermarkas di Kantor Pusat Kementerian Negara sekaligus asrama di Gedung Kementerian Dalam Negeri (kini Jl Veteran) di bawah pimpinan Raden Said Soekanto.

Tugas-tugas Pasukan Pengawal Pribadi Presiden itu antara lain:

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved