Fazzio Irit Bukan Karena Berkat Sudah Hybird Saja, Begini Penjelasan dari Pihak Yamaha STSJ

Teknologi hybrid yang turut diusung oleh Yamaha Fazzio ternyata bukan menjadi satu-satunya penyebab sepeda motor ini sangat irit.

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Cak Sur
Istimewa
Konsumen setia Yamaha saat menjajal Yamaha Fazzio. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Teknologi hybrid yang turut diusung oleh Yamaha Fazzio ternyata bukan menjadi satu-satunya penyebab sepeda motor ini sangat irit.

Lebih dari itu, keberadaan hybrid juga dipadukan dengan fitur-fitur mumpuni yang tersedia juga turut berkontribusi dalam membuat Yamaha Fazzio bisa hemat BBM.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh GM Service Yamaha STSJ, Ilham Wahyudi.

Ia menjelaskan, bahwa di Fazzio ini juga ada fitur Stop & Start System (SSS) dan Smart Motor Generation (SMG).

Perpaduan fitur ini dibuat untuk menghemat bahan bakar serta ketangguhan mesin yang digendong.

"Jadi, sistem kerja SSS ini mesin mati secara otomatis ketika posisi berhenti lebih dari tiga detik dan akan kembali menyala apabila handle gas kembali diputar," jelas Ilham, Rabu (11/5/2022).

Perihal hubungannya dengan efisiensi bahan bakar, lanjut Ilham, teknologi SSS pun dipadukan dengan Smart Motor Generation (SMG), sehingga suara mesin jadi lebih halus saat pertama kali dinyalakan.

"Manfaat teknologi ini bisa didapat lantaran sesudah mesin menyala, generator berfungsi untuk melakukan pengisian baterai atau aki," tutur Ilham secara rinci kepada SURYA.CO.ID.

Selepas itu semua, imbuhnya, karena mesin yang dipakai adalah hybrid, maka tentu Yamaha Fazzio utamanya memang menawarkan efisiensi bahan bakar dan akselerasi yang lebih cepat.

Sistem kerja mesin di Fazzio sendiri, kata dia, dalam kondisi normal komponen baterai berfungsi untuk menghidupkan sepeda motor dan setelah motor menyala daya baterai akan di charge kembali oleh komponen Smart Motor Generator (SMG) pada Electric Power Assist Start (EPAS) dari daya baterai.

"Fungsi yang bisa dirasakan secara langsung adalah tarikan awal mesin selama 3 detik pertama dengan mengkombinasikan 2 sumber tenaga dari mesin konvensional dan EPAS-nya, yang manfaatnya semakin terasa saat akselerasi awal," tandas Ilham.

Sekadar informasi, di Jawa Timur, berdasarkan acuan OTR Surabaya, Yamaha Fazzio di tawarkan seharga Rp 23.857.000 untuk yang tipe Neo. Sedangkan untuk yang tipe Lux dibandrol seharga Rp 24.159.000.

Bagi kalian warga Jatim yang sudah tidak sabar untuk memiliki skutik keren ini, maka bisa langsung hubungi cs resmi Yamaha STSJ di 08228 – 7777 – 898.

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved