Breaking News:

Wawancara Eksklusif

Kepala Dinas ESDM Jatim : Smelter Gresik dan Kilang Tuban Serap Puluhan Ribu Naker

Seperti adanya proyek pembangunan smelter di Gresik, pembangunan kilang minyak Tuban, tambang emas di Trenggalek dan Banyuwangi.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Titis Jati Permata
SURYA.co.id
Pemred Tribun Jatim Network Tri Mulyono melakukan wawancara eksklusif dengan Kepala Dinas ESDM Jatim, Nur Kholis, Senin (11/4/2022). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur menjadi dinas yang akan sibuk dalam waktu-waktu ke depan.

Pasalnya ada banyak agenda strategis yang akan dikerjakan oleh Dinas ESDM Provinsi Jatim.

Seperti adanya proyek pembangunan smelter di Gresik, pembangunan kilang minyak Tuban, tambang emas di Trenggalek dan Banyuwangi.

Bahkan ada agenda penggalakan penggunakan kendaraan listrik berbasis baterai dan kompor induksi.

Guna menggali langkah-langkah strategis yang akan dilakukan Dinas ESDM Jatim, Pemred Tribun Jatim Network/Wapemred Harian Surya Tri Mulyono mewawancarai secara eksklusif Kepala Dinas ESDM Jatim Nur Kholis, Senin (11/4/2022).

Berikut petikan wawancaranya:

Bisa dijelaskan rencana strategis Dinas ESDM Jatim tahun 2022 terutama sebagai upaya membantu percepatan pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19?

Kami memiliki tiga rencana strategis di tahun 2022 ini dalam rangka berkontribusi peningkatan ekonomi dalam kondisi pandemi Covid-19.

Pertama dalam peningkatan akses energi bagi rumah tangga miskin (RTM) dan rumah tangga berada di wilayah terpencil dan terisolir.

Ibu Gubernur memiliki program pemasangan listrik gratis bagi RTM dan juga lengkap dengan gratis pulsa listrik selama setahun.

Untuk rumah tangga miskin diberikan bantuan sambungan listrik gratis dengan rincian tiga titik lampu, satu kotak kontak, satu pentanahan (ground), tiga titik lampu LED dengan daya 6-8 watt, dan daya listrik 900 VA.

Selain itu untuk rumah tangga yang berada di wilayah terpencil dan terisolir, misalnya di wilayah kepulauan Sumenep diberikan bantuan pembangkit listrik tenaga surya solar home sel (PLTS SHS) dengan daya 100 Wp.

Kemudian renstra yang kedua adalah peningkatan bauran energi. Kami di pemprov, selain ada SE Gubernur terkait penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai dan kompor induksi, kami juga mengeluarkan imbauan pada seluruh OPD agar menggunakan solar cell.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved