Hukum Mengusap Wajah Setelah Baca Doa Qunut Makruh, Simak Tata Cara yang Benar

Berikut ini tata cara membaca doa qunut yang benar,salah satunya adalah tidak diperbolehkan mengusap wajah setelah membaca doa qunut.

Penulis: Pipit Maulidiya | Editor: Adrianus Adhi
CANVA
Ilustrasi - doa qunut 

SURYA.CO.ID - Berikut ini tata cara membaca doa qunut yang benar, menurut fikih Madzhab Syafi'i.

Dijelaskan, salah satunya adalah tidak diperbolehkan mengusap wajah setelah membaca doa qunut.

Sebagai informasi, doa Qunut adalah doa yang dibaca setelah i'tidal pada rakaat terakhir dalam sholat.

Disebutkan tata cara membaca doa qunut yaitu mengangkat kedua tangan sejajar telinga, seraya membaca doa qunut.

Adapun untuk bacaan doa qunut subuh sendiri adalah sebagai berikut:

اَللهُمَّ اهْدِنِيْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِيْ فِيْمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِيْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَاأَعْطَيْتَ، وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ، فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَيُقْضَى عَلَيْكَ، فَاِنَّهُ لاَيَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، وَلاَيَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ، فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَاقَضَيْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ اِلَيْكَ، وَصَلَّى اللهَ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَبَارَكَ وَسَلَّمَ

(Allaahumahdinii fiiman hadait, Wa aafinii fiiman aafait, Watawallani fiimangtawallait, Wabaariklii fiimaa a toit, Waqini birahmatika syaramaa qadhait, Fainnakataqdhi walayuqdha alaik, Wainnahu layadzillu mawwalait, Walaya izuman aadait, Tabarak tarabannaa wata aalait, Falakal hamdu alamaa qadhait, Astag firuka wa atuubu ilaik, Washallalloohu ala sayyidinaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ala aalihi washahbihi wabaarik wasallam)

Artinya:

"Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau Pastikan. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan. Dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala Puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan kembalilah (taubat) kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat, berkah dan salam atas Nabi Muhammad beserta keluarganya”.

Namun saat sholat subuh jamaah, Ustadz Abdul Somad menjelaskan dalam ceramahnya yang diunggah Tsaqofah TV (25/11/2020), jika imam membaca doa qunut maka makmum wajib mengamininya.

"Dijelaskan Imam Ibnu Taimiyah, kalau imam berqunut maka makmum ikut berqunut," ceramah Ustadz Abdul Somad.

"Kalau imam menggunakan qunut, maka angkat tangan ucap 'aamiin'," tambahnya.

Baca juga: Lupa Baca Doa Qunut saat Sholat Subuh? Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

Tidak boleh mengusap wajah

Setelah selesai membaca doa qunut, kemudian dilanjutkan dengan mengucapkan takbir (ALLAAHU AKBAR) tanpa mengangkat kedua tangan lalu melakukan sujud.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved