Berita Surabaya

Hadapi Pesatnya Perkembangan Digital, ISTTS Manfaatkan Alat Edukit AWS

ISTTS menjadi PTS pertama di Surabaya yang mendapat kesempatan kolaborasi dengan Amazon Web Services (AWS) Academy.

Penulis: Zainal Arif | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Zainal Arif
Furin Ongko selaku Technical Program Manager AWS Educate memberikan workshop tentang bagaimana memanfaatkan device AWS IoT bernama "Edukit AWS" kepada mahasiswa sekaligus dosen ISTTS di Laboratorium IoT AWS Academy ISTTS, Senin (21/3/2022). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Di era digital saat ini, berbagai alat-alat IoT semakin akrab digunakan oleh masyarakat.

Dalam dunia IT sendiri kebutuhan Cloud Computing bersamaan dengan IOT menjadi teknologi utama industri 4.0.

Menyikapi pesatnya perkembangan digital saat ini, Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) berkolaborasi dengan Amazon Web Services (AWS) Academy.

ISTTS menjadi PTS pertama di Surabaya yang mendapat kesempatan kolaborasi tersebut.

Melalui kolaborasi ini, mahasiswa secara langsung mendapatkan pengajaran dari perusahaan ternama di dunia yaitu Amazon mengenai Skill Cloud Computing.

Bahkan, mahasiswa nantinya dapat mengikuti berbagai Course di antaranya, Academy Cloud Foundations, Academy Cloud Architecting, Academy Cloud Operations, Academy Cloud Developing hingga Academy Data Analytics.

"Pengajaran-pengajaran yang diberikan oleh pihak AWS Academy mulai dari penjelasan materi, assesment, diskusi grup, dan project individu sehingga mahasiswa dapat menguasai skill Cloud Computing dengan memuaskan," ujar Joan Santoso selaku Kepala Pusat Pengembangan Riset Dan Inovasi ISTTS, Senin (21/3/2022).

"Hal ini tentu menjadi pengalaman dan peluang yang bagus sekali bagi mahasiswa untuk meningkatkan karir kerja mereka di masa depan," imbuhnya.

Kolaborasi ini, ditandai dari kehadiran Perwakilan dari AWS Indonesia, Furin Ongko (Technical Program Manager AWS Educate) yang memberikan workshop tentang bagaimana memanfaatkan device AWS IoT bernama "Edukit AWS" kepada mahasiswa sekaligus dosen ISTTS di Laboratorium IoT AWS Academy ISTTS, Senin (21/3/2022).

Ada belasan peserta workshop yang terlihat antusias menyimak Furin Ongko menyampaikan materi.

Meski hanya beberapa perwakilan yang hadir, Joan menegaskan, bahwa nantinya seluruh mahasiswa dari semua Program Studi di ISTTS akan belajar cara memanfaatkan alat Edukit AWS ini.

Baginya, inovasi teknologi IoT saat ini dapat dikembangkan diberbagai bidang sehingga seluruh mahasiswa perlu mendapatkan pemahaman mengenai pemanfaatan IoT.

"Kami menerapkan ini untuk menciptakan smart produk. Kan di ISTTS ada banyak program studi sehingga peluang ini sangat baik apabila ada kolaborasi antar prodi," harapnya.

Di akhir kegiatan, AWS Academy memberikan sejumlah alat Edukit AWS yang per itemnya senilai 50 USD itu kepada ISTTS.

Secara simbolis, Furin Ongko menyerahkan alat yang belum jual bebas di Indonesia ini kepada Kaprodi S1 Informatika Profesional ISTTS, Dr Esther Irawati S Kom M Kom.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved